Caleg Anang Hermansyah dan Ashanty, Berikan Materi Bagi Pelaku UMKM pada Jambore UMKM IKM Kabupaten Bogor

Cisarua, BogorOnline.com – Forum UMKM dan IKM Kabupaten Bogor menggelar acara jambore Volume kedua di Cintamiang Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Acara itu, di ikuti oleh perwakilan UMKM dan IKM dari 40 kecamatan seluruh kabupaten Bogor yang di gelar selama dua (2) hari berturut-turut.

Dimana, seluruh peserta yang merupakan anggota forum UMKM kabupaten Bogor, mendapat pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan penjualan dan produk UMKM nya.

Pada hari ke dua perhelatannya sendiri, seluruh peserta mendapatkan materi dari caleg anggota DPR RI Dapil V Kabupaten Bogor dengan nomor urut 3, yakni Anang Hermansyah terkait tips dan trik digital marketing untuk produk UMKM serta tahapan meningkatkan kualitas produk dan bantuan permodalan.

“UMKM merupakan bisnis yang bertahap untuk sampai ketitik sukses, salah satu sarana pendukung majunya UMKM adalah promosi produk,” kata Anang Hermansyah dilokasi acara, Senin (18/12/23) kemarin.

Ia melanjutkan, saat ini media sosial merupakan sarana efektif untuk melakukan promosi produk UMKM yang gratis.

Anang juga menyampaikan, terkait kelengkapan administrasi pelaku UMKM menjadi syarat mutlak, dengan memiliki syarat yang lengkap pelaku UMKM untuk mendapat kesempatan menerima bantuan dari pemerintah maupun Bank yang memiliki program kredit UMKM.

“Bapak dan ibu pelaku UMKM wajib memiliki NIB dan NPWP, karena ini menjadi syarat bagi pelaku UMKM agar mendapat bantuan dari pemerintah dan pinjaman dari bank,” terang Anang Hermansyah.

Dalam kegiatan Jambore UMKM IKM volume 2 ini, seluruh peserta juga berkesempatan di promosikan produknya oleh Ashanty yang tak lain istri dari musikus Anang Hermansyah melalui akun media sosial nya tersebut.

“Saya akan selalu membantu dan mensupport seluruh produk UMKM, tetapi dengan seleksi. Selain produk berkualitas, kemasan yang menarik menjadi suatu kewajiban agar produk terlihat menarik bagi para calon pembelinya,” papar Ashanty dalam sambutannya.

Pelantun Bye Mantan ini juga berpesan, kepada seluruh peserta jambore untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produknya, dan selalu semangat dalam setiap kali mendapat tantangan.

“Tidak ada kesuksesan yang didapat tanpa proses, semakin kita ulet, telaten dan konsisten untuk menjaga dan meningkatkan produk UMKM. Saya yakin kita akan sampai ke titik kesuksesan,” jelas perempuan yang kerap dipanggil Bunda Ashanty itu.

Lebih jauh ia memaparkan, potensi pasar untuk produk UMKM sangat terbuka, dengan jumlah penduduk yang cukup banyak menjadikan kabupaten Bogor menjadi pasar yang besar bagi produk UMKM.

“Tahap selanjutnya adalah bisa memasarkan produk UMKM IKM ini di luar Kabupaten Bogor, secara Nasional bahkan menjadi produk ekspor,” tukas Ashanty.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *