Asmawa Tosepu: Pj Bupati Bogor Tak Memiliki Visi Misi, Tapi Ini yang Bakal Dikerjakannya

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu. (Dok)

Cibinong, BogorOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebut, jika seorang penjabat atau biasa disebut Pj kepala daerah tidak memiliki visi dan misi dalam memimpin suatu wilayah kota/Kabupaten yang di pimpinnya tersebut.

“Pj itu gak punya visi misi,” ucap Asmawa Tosepu usai menerima kunjungan dari pengurus PWI Kabupaten Bogor, di Cibinong, Selasa (09/1/24).

Ia menerangkan, dalam tugas sebagai penjabat Bumi Tegar Beriman, dimana hanya melaksanakan apa yang sudah ada dalam rencana pembangunan daerah atau RPD sebagai dokumen perencanaan yang transisi dan sudah diputuskan.

“Jadi ndah boleh ada visi misi seorang Penjabat Bupati atau Walikota itu,” beber dia.

“Jadi saya hanya menjalankan saja, apa yang sudah sudah. Karena saya mengisi transisi,” lanjutnya.

Pria berdarah Sulawesi Tenggara itu menjelaskan, jika fokusnya dirinya selama mengemban tugas sebagai pucuk pimpinan Pemkab Bogor tersebut, yaitu apa yang sudah ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Itu yang saya laksanakan, karena bersifat tahunan kan. Kita juga sudah punya RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) yang sifatnya setahun kemudian sudah di atur dalam APBD tersebut. Makanya kita hanya menjalankan saja, dan semua pembangunan saya anggap prioritas karena sudah masuk dalam RKPD maupun APBD,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Asmawa Tosepu resmi menjadi Penjabat Bupati Bogor setelah dilantik Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (30/12/23).

Asmawa Tosepu menggantikan Bupati Bogor Iwan Setiawan yang habis masa jabatannya per 30 Desember 2023.

Siapa Asmawa Tosepu? Ia merupakan Birokrat lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1997 yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Kemendagri.

Sebelum menjadi Penjabat Bupati Bogor, pada 10 Oktober 2022, Asmawa ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai Penjabat Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dengan demikian jabatan menjadi kepala daerah sementara bukan asing baginya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *