Tingkatkan Layanan Pengobatan Jantung, RS Siloam Kota Bogor Sediakan Alat Teknologi Evar dan Evla

BogorOnline.com – Rumah sakit Siloam Kota Bogor Tranformasi alat pengobatan penyakit Jantung dengan menggunakan alat teknologi modern yakni Endovascular Aortic Repair (Evar) dan Endovenous Laser Ablation (Evla) sebagai penanganan penyakit Jantung perdana di Rumah sakit yang berada di Kota Bogor.

Direktur Utama RS Siloam Kota Bogor Dokter Agus Tanjung menyampaikan bahwa, tranformasi perlengkapan alat penanganan penyakit jantung merupakan suatu keharusan, karena penyakit jantung perlu ditangani dengan cepat dan sesuai.

“Karena kalau punya tim lengkap komitmennya artinya ya itu tergantung masing-masing dokter. Mungkin pengaturan waktunya, begitu ada panggilan dia secepatnya mungkin datang itu semua kembali dokter masing-masing. Nah di situlah karna jantung tuh bedanya dengan yang lain,” ungkap Dirut RS Siloam Kota Bogor.

Sebab itu, Dokter Agus mengatakan, RS Siloam terus mengembangkan layanan dan tindakan jantung dengan berbagai tindakan jantung perdana di Kota Bogor seperti menggunakan Evar dan Evla.

“Siloam Hospitals Bogor berhasil melakukan tindakan Evar di tanggal 27 Maret 2024 yang ditangani oleh Dokter Widya Trianita Suwarti dan didukung oleh tim dokter dan medis lainnya,” jelasnya.

Penggunaan alat Evar, kata dia, ialah tindakan medis untuk mengatasi aneurisma aorta dengan cara memasukan alat pengganti aorta berupa Stent Graft (Cangkok) yang dapat menjalankan peran aorta mengalirkan darah terutama ke area perut dan kedua kaki.

“Metode EVAR sering dilakukan sebagai tindakan minim sayatan (minimal invasive), sehingga pasien tidak memerlukan tindakan bedah (open heart),” paparnya.

Sementara itu, penggunaan Evla, lanjut dia, pertama kali dilakukan di Siloam Hospitals Bogor pada tanggal 17 Februari 2024 yang dilakukan oleh Dokter Marcella merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk menangani vena varises dengan menggunakan energi laser.

“Prosedur ini tergolong minimal invasif, yang berarti tidak memerlukan sayatan besar atau anestesi umum,” cetusnya.

Selain itu, Dokter Agus berharap dalam penanganan tindakan jantung yang telah dilakukan dapat lebih luas diketahui oleh masyarakat Kota Bogor.

“Sehingga Siloam Hospitals Bogor dapat menjadi pusat layanan jantung dan rumah sakit rujukan utama bagi kasus-kasus jantung level advanced yang belum dapat dilakukan di Kota Bogor serta dapat menjangkau Masyarakat Kota Bogor yang membutuhkan,” tandasnya. (Bil)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *