Pemkot Bogor Terbaik Kedua Pengunggahan Calon Debitur KUR 2023

BOGORONLINE.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menjadi pemerintah daerah terbaik kedua se-Jawa Barat sebagai pemda terbaik dalam pengunggahan calon debitur potensial Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada aplikasi SIKP tahun 2023.

Penghargaan diberikan langsung kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Hanafi di Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Kementerian Keuangan, Kota Bandung, Kamis (30/5/2024).

Hanafi menjelaskan, Kementerian Keuangan yang memfasilitasi KUR ini kemudian meluncurkan aplikasi SIKP atau Sistem Informasi Kredit Program. Dimana aplikasi ini juga berkolaborasi dengan perbankan.

“Sehingga para penerima manfaat ini juga harus bankable, termasuk dengan bank daerah. Peran pemda mengidentifikasi, membina dan menjaring si penerima ini. Setelah di evaluasi kanwil, kita (Kota Bogor) terbaik kedua setelah Pangandaran,” urai Hanafi.

Sambungnya, indikator penghargaan ini seperti jumlah debitur yang banyak, lalu koordinasi pemda dengan bank yang baik dan action yang dianggap aktif. Namun kata Hanafi, tujuan utamanya bukan itu. Namun pemda bisa berperan aktif dalam program KUR ini.

“Disamping pemberian penghargaan kemarin kita juga rapat koordinasi tentang permasalahan yang ada di wilayah seperti apa,” terangnya.

Ke depan masih kata Hanafi, masih banyak calon – calon debitur di Kota Bogor yang akan masuk dalam program KUR lewat SIKP ini.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *