by

Retak-retak, Jalan Manunggal Ditutup Sementara untuk Mobil

BOGORONLINE.com, Bogor Barat – Sebagian jalur Jalan Manunggal yang berada di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor mengalami retak-retak. Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Jalan Semeru dan RE. Martadinata kini tak bisa dilewati kendaraan roda empat atau lebih.
Retak-retak, Jalan Manunggal Ditutup Sementara untuk Mobil
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, Pemerintah Kota Bogor mau memperbaiki kerusakan jalan tersebut dan saat ini sedang proses administrasi di dinas terkait.

“Mau diperbaiki. Adminstrasi sedang diurus,” ujar Dedie dalam pesan singkat kepada awak media, Kamis (5/3/2020).

Ia melanjutkan, rencananya Jalan Manunggal akan ditutup sementara selama 4 sampai 5 bulan. Untuk itu, ia meminta Dinas Perhubungan segera mempersiapkan rekayasa lalu lintas kendaraan.

“Rencana rekayasa lalin sedang disiapkan. Nanti dari Jalan Merdeka arah ke President Theater bisa belok kanan ke Jalan Mawar dan Jalan Dr. Sumeru,” urainya.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishub Kota Bogor Dody Wahyudin mengatakan, bahwa jalan tersebut saat ini kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda empat.

“Iya, jalan itu mengalami keretakan di aspal-nya, sehingga tidak memenuhi syarat untuk dilintasi kendaraan berat, seperti mobil,” kata Dody.

Oleh karenanya, penutupan akses jalan untuk kendaraan roda empat tersebut dilakukan untuk keamanan pengguna kendaraan.

“Ditutup untuk roda empat, tapi roda dua masih diperbolehkan melintas. Saya tegaskan ini untuk keamanan pengguna jalan juga,” ujarnya.

Sementara itu di area Jalan Manunggal telah terpasang sejumlah rambu lalu lintas dan plang pemberitahuan. Begitu juga tepat di sekitar lokasi kerusakan jalan dipasang pembatas.

Plang pemberitahuan yang diatasnya rambu perboden atau dilarang masuk bertuliskan kendaraan roda empat atau lebih, kecuali penghuni. Jalan longsor.

Untuk roda dua atau sepeda motor sendiri masih bisa melitasi jalan tersebut dari dua arah. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *