Banjir Griya Cimanggu Surut, Petugas Bantu Bersihkan Rumah Warga Terdampak

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Banjir yang terjadi di lingkungan Griya Cimanggu Indah, Kedung Badak, Tanah Sareal, Kota Bogor telah surut, Selasa (27/10/2020). Tidak ada lagi rumah warga yang tergenang air. Mereka pun sudah tampak kembali ke kediamannya masing-masing untuk membersihkan sisa banjir.

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor bersama aparatur wilayah juga masih bersiaga di lokasi dan membantu proses pembersihan rumah warga terdampak.

“Alhamdulillah banjir di perumahan Griya Cimanggu telah surut. Terima kasih kepada tim yang bertugas 24 jam dan berusaha maksimal. BPBD, Dinas PUPR, Camat Tanah Sareal atas kerja kerasnya untuk normalisasi saluran air. Satpol PP yang telah membongkar bangunan liar, Dinas Lingkungan Hidup yang telah membantu warga bersihkan sampah dan kotoran di lingkungan pemukiman, juga Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta relawan lainnya yang membantu kebutuhan warga,” ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya.

Bima juga mengimbau kepada aparatur wilayah dan warga untuk siaga mengantisipasi bencana. “Tadi kami baru saja melakukan briefing staff kepada dinas terkait untuk mewaspadai dan mengantisipasi bencana yang terjadi di akhir minggu ini. Saya perintahkan Camat dan Lurah untuk normalisasi saluran air, untuk memonitor titik-titik rawan bencana, Dinsos agar menyiapkan natura, bahan bantuan dan lain-lain. Semuanya akan dikoordinasikan kepada yang piket di balai kota dan di monitor. Meski libur panjang harus siaga,” tandas Bima.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan pada Selasa (27/10/2020), banjir di permukiman Griya Cimanggu sudah mulai surut total pada jam 11.00 WIB. Warga pun tampak membersihkan rumahnya dari sisa-sisa banjir. Sebelumnya, terdata ada 17 rumah yang terdampak, sebagian dievakuasi ke rumah kerabat, sisanya menetap di lantai dua rumah mereka.

Tidak ada lagi rumah warga yang terdampak, hanya saja di lapangan bola dekat lubang drainase yang tersumbat, masih terlihat genangan. “Kemungkinan hari ini selesai semuanya. Tapi kami akan terus standby di lokasi untuk membantu warga pasca banjir,” ungkap Komandan Regu BPBD Kota Bogor, Maruli Sinambela. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *