by

Usia Yang Tepat Bagi Anak Belajar Bahasa Asing

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Mampu berbahasa asing terutama bahasa inggris menjadi hal dasar seseorang dalam pergaulan internasional.

Tidak heran lagi jika sekolah internasional maupun tempat kursus sudah menjamur di banyak kota di Indonesia. Bahkan disetiap rumah pun, anak sudah diajarkan gaya bilingual sejak dini.

Menurut John Husein, Pengajar Polyglota, waktu yang tepat yaitu sedini mungkin. Berdasarkan pengalamannya puluhan tahun di Eropa, semakin dini semakin baik.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Elizabeth Allen, seorang praktisi bahasa asal inggris, anak belajar bahasa inggris minimal usianya adalah 3 tahun dan maksimal 11 tahun. Lebih dari usia itu, anak akan lebih sulit menyerap kosakata baru dari bahasa asing yang diterimanya.

Ada lima hal yang harus dipenuhi agar anak dapat fasih berbahasa asing.

1. Dukungan Orangtua

Tentu saja, peran orangtua menjadi faktor penentu. Karena anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama orangtua.

Jadi, orangtua harus bisa membiasakan anak berbicara dengan bahasa asing.

2. Sering Menggunakan Bahasa Asing

Semakin sering seseorang membiasakan menggunakan bahasa asing, maka semakin fasihlah menggunakan bahasa tersebut.

Ada cara yang biasanya dilakukan, yakni belajar di rumah dengan orangtua atau di tempat les.

Untuk di tempat les, belajarnya dengan memperhatikan cara mengajar sang guru. Pilih guru yang bisa mengajar secara detail dan lengkap.

3. Belajar Yang Menyenangkan

Biasanya seseorang akan lebih cepat dalam belajar bahasanya pada saat suasana yang menyenangkan. Caranya, buatlah permainan atau games untuk membuat anak lebih senang dalam belajar.

4. Kegiatan Sehari-hari

Tentunya pada saat belajar bahasa asing harus disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi anak-anak, awalilah dengan kegiatan sehari-hari. Seperti menggunakan bahasa inggris di meja makan, ketika bermain, dan lainnya.

John Husein mengatakan, “Namun, untuk usia dewasa, mereka akan mempelajari bahasa inggris yang lebih rumit. Misalnya, untuk keperluan seorang engineer, lima bulan belajar sudah cukup”.

“Akan tetapi bagi seorang jurnalis, belum cukup, ada banyak kata yang harus dipelajari. Seorang jurnalis harus menguasai politik, ekonomi, dan kesehatan, ada banyak bidang,” tambahnya.

5. Kegiatan Yang Digemari

Bagi seseorang yang menggemari sesuatu tentunya akan semangat ketika mempelajari atau membahas hal tersebut. Sama halnya yang terjadi pada anak dan bahasa asing. (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *