Jaksa Agung RI Di Sukaraja, Ingatkan Pemberantasan Korupsi Program Prioritas

bogorOnline.com-Sukaraja

Pencegahan dan pemberantasan tindak pidana Korupsi masih menjadi salah satu program prioritas pemerintah saat ini.

Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum diharapkan dapat menunjukan kinerjanya secara optimal dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hal tersebut disampaikan Jaksa Agung Republik Indonesia (RI), H.M. Prasetyo saat memberikan sambutan pada rapat kerja Kejaksaan RI Tahun 2016, Rabu, (23/11/16) di Hotel Novotel, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

“Kejaksan RI telah membentuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan yang merupakan sebuah strategi preventif untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana korupsi di instansi pemerintah,” ujar Prasetyo dalam sambutannya.

Tim yang dibentuk ini sekaligus sebagai bentuk komitmen bahwa Kejaksaan senantiasa mendukung program percepatan pembangunan nasional.

Prasetyo juga mengatakan, pemerintah saat ini tengah melaksanakan program reformasi hukum, dimana salah satu prioritasnya adalah dengan membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

Melalui Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 Satgas Saber Pungli memiliki tugas utama untuk memberantas praktik pungutan liar di Kementerian atau Lembaga atau Pemerintah Daerah secara konsisten, tegas dan berkelanjutan.

“Kejaksaan juga bagian dari Satgas saber pungli, tentunya memiliki peran strategis untuk melakukan pemberantasan pungutan liar yang terjadi dalam lingkungan Internal, mengingat di lingkungan Kejaksaan sendiri pun masih terdapat celah-celah yang rawan dijadikan lahan praktik pungutan liar,” tutur Prasetyo.

Oleh karena itu, lanjut Prasetyo, gagasan reformasi hukum tersebut merupakan sebuah keharusan bagi Kejaksaan sebagai sarana untuk melakukan pembersihan secara internal.

“Kita harus membuktikan kepada masyarakat sebagai institusi yang terbebas dari korupsi dalam menjalankan amanah, tugas, kewenangan dan tanggung jawabnya selaku penegak hukum,” pungkasnya.(rul)

Comments