Ribuan Warga Bogor Deklarasikan Nusantara Bersatu

Kota Bogor – bogorOnline.com

Ribuan warga masyarakat Bogor dari berbagai unsur elemen masyarakat hari ini berkumpul menjadi satu, guna mengikuti Apel Akbar Nusantara yang di gelar Komando Distrik Militer (Kodim) 0606 Surya Kancana, di Lapangan Gor Pajajaran Jalan Pemuda, Kota Bogor Rabu (30/11/16).

Pada apel yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini dibacakan pula Deklarasi Nusantara Bersatu oleh Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman. Slogan Indonesia Ku, Indonesia Mu, Indonesia kita semua menjadi penyemangat seluruh peserta mulai dari pelajar, pramuka, mahasiswa, pemuda, organisasi kemasyarakatan, TNI, polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga lainnya yang juga kompak memakai ikat kepala merah putih.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, masyarakat Kota Bogor khususnya yang berada di Gor membuktikan untuk bersama-sama mengawal Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI) dari segala unsur yang akan memecah belah NKRI. Kebersamaan dalam Apel Akbar ini sebagi bukti nyata masyarakat dalam membangun komponen persatuan di Kota Bogor. Sekaligus menujukan kepada dunia yang mempunyai kepentingan ingin menghancurkan nilai luhur Indonesia, bahwa rakyat Indonesia bisa bersatu dan mampu menyelamatakan Pancasila serta NKRI.

“Ini Apel nasional serentak menggema di seluruh Tanah Air. Terima Kasih atas dukungan seluruh masyarakat karena kita tetap bersatu dari isme-isme yang ingin memecah belah,” ungkap Usmar.

Usmar menambahkan, benih-benih pemecah persatuan NKRI sudah muncul, dan saat ini diibaratkan seperti api dalam sekam, jika tidak secepatnya diantisipasi, maka akan segera menjadi bara api. Salah satu pencegahannya yaitu dengan digelarnya Apel Indonesia Bersatu untuk mewaspadai gerakan yang ada dari seluruh unsur masyarakat, sehingga diharapkan dapat mampu mengatasi serta mengantisipasi segala macam gejolak yang terjadi di Tanah Air Indonesia.

“Sudah ada bukti nyatanya dengan berkibarnya bendera negara asing di salah satu daerah di Indonesia, mudah-mudah di Kota Bogor tidak terjadi hal seperti itu,” tandasnya.

Sementara itu Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0606 M. Albar mengatakan, Apel Akbar Indonesia Bersatu ini untuk mengingatkan kembali jika Indonesia berdiri atas perbedaan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sekalipun ada perbedaan tersebut tetapi tetap satu Indonesia, tidak boleh terpecah-pecah.

“Kebhinekaan tersebut harus sampai hingga ke generasi muda, makanya diundang juga para pelajar,” kata Albar.

Albar melanjutkan, Merah putih adalah jiwa kita, jadi tidak hanya sekedar menjadi ikat kepala kita, ini hanya simbol saja.

“Acara ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Kita bulatkan tekad untuk pancasila, dengan berkumpulnya kami disini, bukan berarti aksi tandingan dan tidak ada sangkut pautnya dengan doa bersama 212 nanti.

“Tidak ada pelarangan atau pencegahan terhadap 212. Yang jelas kami mendukung penuh pihak kepolisian, Tupoksi kami hanya mengamankan Istana saja serta memback-up pihak kepolisian,” pungkasnya.(bunai)

Comments