Riedl Dikecewakan Rumput Stadion Pakansari

BogorOnline.com, CIBINONG- Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl harus memutar otak mencari pengganti Rudolof Yanto Basna dan Fachrudin di lini belakang skuad Garuda saat menjamu Vietnam di semifinal Piala AFF 2016, Sabtu, 3 Desember mendatang.

Usai menggelar latihan perdana di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (29/11), Riedl belum menyebut siapa yang akan menggantikan keduanya karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning bersamaab saat melawan Singapura dan Filipina di fase Grup A. Riedl juga mengaku bakal menerapkan strategi fleksibel. Saat menyerang menggunakan formasi 4-3-3 dan berubah jadi 4-2-3-1 kala kehilangan bola.

Didaftar cadangan Indonesia masih memiliki beberapa nama potensial untuk pos bek tengah, seperti Gunawan Dwi Cahyo dan Hansamu Yama Pratama. Melihat jam terbang, Riedl nampaknya bakal memasang duet Gunawan-Hansamu untuk mengawal pergerakan striker Vietnam, Lee Chong Vinh.

“Kami sudah punya gambaran. Tapi, kemungkinan masih bisa berubah. Kita lihat dulu kesiapan pemain yang ada. Jadi saat ini belum dipastikan 100 persen siapa pengganti Yanto Basna dan Fachrudin,” tegas Alfred didampingi asistennya Wolfgang Pikal.

Namun, nama bek PS TNI, Manahati Lestusen tak bisa dikesampingkan bakal mengisi starting line up kontra Vietnam akhir pekan ini. Karena iya merupakan kapten Timnas U-23 dalam beberapa event terakhir.

Pasalnya, Hansamu belum cukup jam terbang berseragam timnas senior karena selama lebih banyak berseragam timnas U-19.

Latihan perdana yang diterapkan Riedl, lebih banyak kepada kesiapan fisik pemain yang dalam tiga pertandingan Grup A terlihat kedodoran saat menit-menit akhir pertandingan.

Riedl juga mengeluhkan kondisi lapangan Stadion Pakansari yang menurutnya tidak terlalu baik. “Lapangan ini sepertinya sering dipakai jadi terasa kurang enak. Saya harap hingga Sabtu nanti bisa diperbaiki,” tukas Riedl.

Sementara calon pengisi starting line-up lini belakang, Manahati Lestusen mengaku dia dan kolega bakal mewaspadai kecepatan Vietnam yang dikomandoi Lee Chong Vinh. Dia pun optimis menang di laga kandang sebelum bertolak ke Phnom Penh, Vietnam.

“Kami siap 100 persen menang. Bagaimanapun, kecepatan mereka patut diwaspadai pada pertandingan Sabtu nanti,” ujar Manahati.

Vietnam sendiri dijadwalkan tiba di Indonesia pada Kamis (1/12) dan menjajal rumput Stadion Pakansari pada Jumat (2/12). (Cex)

Comments