by

Limbah pabrik Susu di Citeureup Cemari Sungai Cibeubeur

Bogoronline.com – Citeureup –  Limbah Cair Perusahaan PT.Sugizindo pabrik yang memproduksi Susi bubuk di Jalan pahlawan Citeureup, tepatnya di Kampung Kambing RT 07/ RW 05, Kelurahan Karang Asem Barat, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, diduga Cemari lingkungan dan Sungai Cibeubeur, hingga mengeluarkan bau tak sedap yang membuat mual dan sesak nafas.

 

“Perusahaan susu bubuk itu membuang limbah cairnya ke sungai, dan hampir tiap malam, dan saat limbah cair tersebut di buang baunya sangat menyengat bikin mual, dan nafas sesak.” kata linda wati (32) warga sekitar

 

Hal yang sama dikatakan Subadri (46), warga yang juga petani ia menuturkan adanya pembuangan limbah tersebut ke sungai yang mengalir ke sawah memang mebuat padi subur namun mengundang hama.

 

“Adanya pembuangan limbah ke sungai membuat tanaman padi subuh, hanya saja mengundang hama sepeti kiong mas, dan juga ainya gatal serta nempel karena lengket” katanya.

 

Adanya pencemaran limbah susu bubuk ke sungai tersebut karena dari pembuangan limbah cair lamgsung di buang ke sungai Cibeber diduga tanppa melalui pengolahan.

 

“Kami warga merasa kwatir adanya limbah cair tersebut berbahaya, dan kami minta pihak dinas terkait dalam hal ini Badan lingkungan hidup untuk menindak tegas peeusahaan tersebut agar tidak membuang limbah kesungai,” tutupnya. (Edd)

 

News Feed