Garuda Emas, Program PSSI Menuju Piala Dunia 2026

JAKARTA- PSSI menargetkan Timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2026, sebagai salah satu wakil Asia dalam pesta sepakbola empat tahunan itu.

Target itu, berjalan beriringan dengan program Garuda Emas yang menargetkan Indonesia tampil dalam cabang sepakbola Olimpiade 2024.

“Kami punya program Garuda Emas. Target turun di Olimpiade 2024 dan 2026 lolos Piala Dunia. Karena ada penambahan kuota tim dari 32 menjadi 48 negara,” kata Sekjen PSSI, Ade Wellington dilansir CNNIndonesia, Jumat (13/1).

“Untuk Asia mungkin bisa sampai enam sampai delapan¬†tim untuk Asia jatah yang bisa diberikan,” lanjutnya.

Kuota yang bertambah hingga dua kali lipat dari jatah zona Asia selama ini dinilai Ade merupakan kesempatan besar bagi Indonesia.

“Ini berarti kesempatan besar bagi Indonesia, dan kesiapan menuju program Garuda Emas harus matang,” katanya menambahkan.

FIFA mulai melakukan terobosan baru sejak Gianni Infantino memimpin organisasi sepak bola dunia itu. Salah satunya adalah keputusan FIFA terkait jumlah kontestan Piala Dunia.

Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 tim kontestan, jumlah itu bertambah setelah biasanya pesta sepak bola dunia itu diikuti oleh 32 negara. Negara-negara Asia dan Afrika disebut akan mendapat tambahan jatah paling besar.

Selain target Piala Dunia dan Olimpiade, Ade juga menyampaikan target PSSI untuk Timnas Indonesia di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

“Asian Games target babak semifinal, SEA Games target juara. Harus realistis dan optimistis,” ucap Ade. (cex/cnn)

Comments