Jangan Jadikan SOTK Baru Alasan Lelang Terlambat

CIBINONG- Bupati Bogor, Nurhayanti memerintahkan dinas-dinas yang kerap memiliki paket pekerjaan dalam jumlah besar, segera mengajukan berkas pelelangan kepada Bagian Pengadaan Barang/Jasa pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

Nurhayanti mengacu pada telah disahkannya APBD 2017 dan rampungnya Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru, maka demi percepatan pembangunan dan mengantisipasi gagal lelang, maka harus dimulai Januari ini.

“Jangan jadikan SOTK baru sebagai alasan untuk lambat mengajukan berkas lelang. APBD sudah disahkan Gubernur Jawa Barat, maka sudah bisa dimulai lelang di awal Januar ini,” kata Nurhayanti kepada BogorOnline.com, Rabu (3/1).

Yanti menambahkan, dalam SOTK baru, para kepala dinas/badan telah menadatangani pakta integritas, yang berisikan mereka bakal bisa diganti jika tak mampu memenuhi target yang diberikan.

“Kan menurut UU ASN, pejabat eselon IIb baru bisa dirotasi jika telah menjabat minimal dua tahun. Tapi, dengan pakta integritas itu, saya targetkan mereka seperti Dinas Pendidikan, Dinas PU dan Dinas Kesehatan, menggunakan anggarannya hingga 90 persen. Jika tidak, merek akan saya rotasi kembali,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa, Budi Cahyadi Wiryadi menjelaskan, pelelangan akan bisa cepat dilakukan jika pengguna anggaran (SKPD) cepat mengajukan berkas pelelangan.

“Tahun-tahun sebelumnya karena tidak ada perubahan SOTK, berkas lelang bisa masuk dar Desember. Tapi karena ada perubahan dan APBD baru disahkan akhir Desember, berkas masu Januari itu masih bisa mengejar pekerjaan dilakukan awal Maret,” kata Budi.

Terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adan Suptandar menjelaskan, APBD 2017 Kabupaten Bogor baru selesai dievaluasi Gubernu Jawa Barat pada 27 Desember.

“YA, tanggal 27 Desember baru disahkan. Untuk pelelangan karena dulu pengadaan barang dan jasa punya kantor sendiri d kini ada di Setda, maka akan pakai perbup khusus untuk menjadikannya tetap independen,” tukas Adang. (cex)

Comments