Luis Milla, Pria Spanyol Suksesor Alfred Riedl

JAKARTA- PSSI resmi menunjuk pria Spanyol, Luis Milla Aspas untuk menukangi Timnas Indonesia. Milla diperkenalkan dalam jumpa pers yang digelar di kantor PSSI Pusat, Jakadta, Jumat (20/1). Milla terpilih setelah dalam dua hari terakhir melakukan presentasi kepada PSSI hingga akhirnya dikontrak untuk dua tahun ke depan.

Milla memang menjadi salah satu kandidat kuat bersama Luis Fernandez untuk menjadi suksesor Alfred Riedl yang tak diperpanjang kontraknya setelah Piala AFF 2016.

Target tinggi pun dibebankan PSSI kepada mantan pelatih Real Zaragoza itu. Mengingat, pada tahun ini dia juga akan melatih timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Yang mana pada ajang itu pelatih 50 tahun tersebut ditargetkan membawa skuat Garuda Muda menjadi juara.

Luis Milla (tengah) saat diperkenalkan ke publik, Jumat (20/1). (Foto: twitter pssi)

Tentunya ini menjadi beban yang sangat berat bagi mantan penggawa Barcelona dan Real Madrid itu. Meski, Milla pernah punya pengalaman membawa timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 pada 2011 lalu.

“Saya sangat senang dengan sambutan yang diberikan sejak saya tiba di Jakarta. Sangat penting untuk saya menerima pekerjaan ini. Ini adalah sebuah tanggung jawab yang sangat penting dan saya yakin bisa membentuk tim yang bagus,” kata Milla, kepada wartawan.

“Ada sedikit masalah dengan komunikasi, tapi yang penting adalah bekerja sangat keras dan profesional. Saya sudah menjalani perjalanan sepakbola yang sangat profesional di Eropa. Kita akan mencoba mentransfer pengalaman itu kepada pemain-pemain timnas Indonesia hingga mencapai performa yang diinginkan,” tambahnya.

Kabarnya, Milla juga mendapatkan gaji tiga kali lipat dari yang diterima Riedl ketika melatih timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Mantan penggawa Barcelona tersebut mengatakan ingin memberikan yang terbaik saat melatih timnas Indonesia. Untuk mewujudkan keinginan itu, ia menyebutkan akan mencari pemain-pemain Tanah Air dengan kualitas yang mumpuni.

“Target semaksimal mungkin dan setinggi mungkin untuk mendapatkan potensi maksimal dari pemain-pemain dan menggunakan alat yang tepat untuk mengeluarkan potensi maksimal itu,” kata Milla di kantor PSSI, Kuningan, Jakarta, Jumat (20/1).

“Menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki dan memaksimalkan potensi yang dimiliki pemain-pemain kita. Dengan proses yang sudah dicanangkan, saya yakin bisa meraih hasil yang terbaik bersama timnas Indonesia,” ia menambahkan.

Milla dipilih menjadi arsitek timnas Indonesia setelah menyisihakn kandidat lainnya yakni Luis Fernandez. Ia diberikan kontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan kontrak setelah itu. (cex/goal)

Comments