Minimalisir Bencana Longsor, Gerakan Tanam Pohon Ditingkatkan

Bogor – bogorOnline.com

Saat ini Gerakan Tanam Pohon (GTP) tetap fokus melakukan penanaman pohon di 6 kecamatan sekota Bogor. Tentunya GTP ini harus di suport dan didukung penuh berbagai pihak, GTP kali ini kita lakukan di tebingan Jalan Jalak Harupat, Lebak Kantin Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Salah satu penggagas GTP Herry Cahyono mengungkapkan, kita mendapatkan semangat baru dari ketua komisi B, kang Jenal Mutaqin Gerindra, ada juga Bu Eni Demokrat, kang Eka Wardana serta sekertaris DPD Golkar Kota Bogor kang Tagor, mudah-mudahan ini dapat memacu kembali semangat teman-teman, Bahwa kita tak akan pernah mengenal kata berhenti, kalau kita punya semboyan tanam setiap minggu kita upayakan setiap minggu betul-betul kita menanam pohon dan hari ini kita buktikan, dan ini adalah sudah yang ke 122 kalinya.

“Sengaja hari ini kita menanam dilahan yang miring ini, karna ini posisinya berbahaya, dilahan kemiringan ini potensi longsornya sangat tinggi, tidak cukup hanya tembok saja, sehingga harus ditopang dan dibantu dengan tanaman, dengan ditanami pohon ini dapat bermanfaat, nantinya dapat meminimalisir potensi longsor sehingga bisa mengamankan badan jalan diatas ini,” ungkap Herry, Minggu (22/1/17).

Herry melanjutkan, untuk kegiatan penanaman pohon selanjutnya akan fokus di pemukiman masyarakat dan lokasi lokasi rawan longsor diseluruh Kota Bogor. Saat ini GTP sudah milik masyarakat Kota Bogor dan berbagai pihak, salah satunya lintas partai politik juga ikut mendukung kegiatan ini. Penanaman pohon ini harus terus berjalan, oleh siapapun dan dimanapun juga. Kami berharap GTP ini disuport terus oleh berbagai pihak, dan syukur Alhamdulillah masyarakat mendukung penuh kegiatan menanam ini.

“Dibogor ini, lahan-lahan miring seperti ini banyak sekali, kita berharap partisipasi dari masyarakat juga untuk dapat menginformasikan nya kepada GTP. Sehingga kita dapat mendeteksi potensi-potensi lahan miring itu dan bisa mengantisipasi dan membantu dengan teman-teman lalu kita tanami,” lanjutnya.
Herry menambahkan, penanaman kali ini selain atas permintaan warga, juga atas kerjasama dengan bu Lurah kemarin, yang kita tanam disini pohon buah-buah kita berharap pohon buah ini bisa menjadi multifungsi selain untuk menahan erosi, buahnya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, bisa digunakan untuk dikonsumsi.
“Jadi tidak hanya oksigen nya saja yang kita serap ketika besar nanti. Dengan kita terus menanam itu berarti tidak akan ada lagi daerah yang gersang, target kita adalah untuk mengembalikan kembali Kota Bogor menjadi Kota yang indah sejuk dan nyaman.sehingga Kota Bogor menjadi Kota paling sejuk di Indonesia di masa mendatang nanti,” pungkasnya. (RzB).

Comments