Fenomena Unik Ini Belum Terpecahkan, Oleh Ilmuwan

bogorOnline.com-

Ada banyak hal di dunia yang sulit dijelaskan akal. Bahkan para ilmuwan juga sampai nyerah karena tidak mengerti logika dari fenomena-fenomena unik di dunia.

Ini juga termasuk ke 10 fenomena yang sampai sekarang misterinya belum terjawab.

Pipa Baigong

Di China, terdapat tiga celah misterius yang terletak di atas gunung.

Celah tersebut diisi oleh ratusan pipa-pipa besi berkarat yang asal usulnya tidak diketahui. Beberapa pipa ada yang tembus hingga ke bagian dalam gunung, tetapi ada juga beberapa yang mengarah ke danau air asin.

Yang bikin pipa ini fenomenal adalah fakta bahwa usia pipa ini sudah ada sejak ribuan tahun.

Pada masa ketika manusia belum paham mengenai cara memasak alias masih berburu!

Star Jelly

Star Jelly memiliki bentuk yang mirip dengan skymount dalam film Star Treak. Star jelly biasa muncul ketika ada hujan meteor.

Benda angkasa asing ini tidak berbentuk, dan lengket. Tidak diketahui komposisi apa saja yang membuat benda itu menjadi seperti ini, karena begitu menyentuh tanah, biasanya star jelly akan berevaporasi.

Star jelly sudah ada sejak abad ke-14. Banyak saksi mata yang menemukan star jelly dengan bentuk seperti lem yang terbuat dari tepung tapioka.

Star jelly banyak ditemukan di Ha Wall Nature Reserve, Inggris, pada tahun 2013. Sampai sekarang para ilmuwan masih pusing mengapa star jelly ini jatuh ke bumi.

Tunguska

Pada Juni 1908, sebuah ledakan terjadi di area pinggiran Rusia. Ledakan ini mengguncang tanah dan juga membumihanguskan 770 mil area hutan.

Peristiwa ini dikenal dengan nama Tunguska, sama dengan nama sungai yang terletak di daerah terebut. Ledakan tersebut diestimasi mencapai 15 megaton, ribuan kali lebih dahsyat dibanding dengan bom atom Hiroshima.

Penelitian terbaru mengatakan bahwa kemungkinan besar saat itu meteor yang jatuh ke bumi, dibuktikan dengan kemunculan danau yang diduga berasal dari jatuhan meteor.

Namun, ada juga yang mengklaim bahwa danau itu sudah ada sejak dulu sebelum peristiwa itu terjadi. Jika itu memang meteor, ada satu keanehan terjadi.

Di malam tanggal 30 Juni 1908, selama tiga hari berturut-turut, terdapat semacam aurora di langit yang bisa dilihat di daerah Eropa Utara.

Taos Hum

Fenomena ini adalah salah satu yang terkenal. Jika datang ke area ini, kamu akan bisa mendengar suatu dengungan yang mirip dengan gumaman atau senandung.

Frekuensi dengungan ini berkisar antara 32 Hz sampai 80 Hz. Beberapa orang bisa mendengar dengungan ini lebih jelas ketika berada di dalam bangunan.

Namun, sampai sekarang tidak jelas darimana asal muasal dengungan tersebut dan mengapa ada bunyi itu.

Bola Cahaya

Bola cahaya adalah salah satu fenomena alam yang kadang terjadi di langit. Banyak yang menduga bahwa bola cahaya terbentuk akibat petir, yang kemunculannya jauh lebih lama beberapa detik jika dibandingkan dengan petir biasa.

Di beberapa negara seperti India, Australia Barat, Swedia, dan Inggris, bola cahaya bisa terlihat jelas.

Bola cahaya ini masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Para ilmuwan masih beradu hipotesis mengenai ini.

Namun, bola cahaya ini dipercaya sebagai awal mula legenda dalam mitologi Mapuche Anchimayen.

Awan Morning Glory

Peristiwa ini jarang terjadi, yang membuat Morning Glory menjadi sangat langka dan unik. Awan ini hanya bisa dilihat di Australia bagian utara, tepatnya dekat dengan wilayah Gulf of Carpentaria.

Menurut ilmuwan, awan ini terbentuk dari awan Arcus yang memanjang hingga 1000 kilometer. Namun, belum jelas alasan mengapa awan ini bisa tercipta.(rul)

Sumber: jalantikus.com

Comments