Nurdat Terpilih Menjadi Ketua Dalam Musda V BKPRMI 

Bogor – bogorOnline.com
Sebanyak 68 orang peserta yang mewakili 68 Kelurahan sekota Bogor, hadir dalam kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) ke 5, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Bogor. Acara Musda digelar di Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Jalan Padjajaran, Baranangsiang, Kelurahan Bogor Timur.
Setelah melalui proses pemilihan dalam Musda itu, akhirnya Muhammad Nurdat Ilhamsyah terpilih menjadi Ketua BPKRMI Kota Bogor untuk masa kepemimpinan periode 2017-2021. Setelah terpilih, Nurdat mengungkapkan bahwa dirinya sudah menyiapkan sejumlah program kerja. Program itu diantaranya akan di fokuskan pada pendidikan dan pengkaderan remaja masjid.
“Karena di bidang inilah BKPRMI itu lahir dan konsen menjadi muaddib (pendidik) yang transfering ilmu, menjadi pengkader atau pencetak generasi perubahan selanjutnya untuk terus melanjutkan perkembangan dan pembangunan manusia, khususnya pemuda remaja masjid,” ungkapnya.
Melalui remaja mesjid, secara bertahap itu dapat menanamkan nilai-nilai keimanan dasar, aqidah akhlak atau character building of human. Sehingga, dapat membentengi generasi islam dalam pergaulannya.
“Sekarang ini seakan tiada batas pergaulan para pemuda. Oleh karena itu, dengan remaja mesjid inilah kita bisa mengontrol dan mencegah pergaulan bebas yang setiap saat mengintai generasi islam kita,” ujarnya.
Selain itu, akan difokuskan juga mengenai pembentukan jati diri dan pengembangan potensi. Dengan pembinaan remaja masjid, hal itu bisa mengarahkan generasi muda islam untuk mengenal jati dirinya sebagai umat muslim.
“Jika mereka sudah mengenal jati dirinya. Maka, mereka tidak akan terombang ambing dalam menentukan jalan hidup mereka sendiri, karena mereka akan mengenal lingkungannya dan juga semakin mencintai Pencipta-Nya. Nah, maka akan tumbuhlah rasa istiqomah di diri meraka masing-masing,” tuturnya.
Dia menambahkan, DPD BKPRMI Kota Bogor, mentargetkan akan Push up Dewan Perwakilan Remaja Masjid Kelurahan. Yakni, di 68 Kelurahan. Mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) untuk memfasilitasi dan stimulasi, agar menjadi agen perubahan di wilayah kelurahannya masing masing.
“Ini penting, karena kekuatan pemuda di wilayah basis menentukan perkembangan pembangunan di segala bidang khususnya di wilayah kelurahan, kecamatan yang berefek side pula untuk Kota Bogor. Pemkot harusnya mengupayakan untuk fasilitasi Irema disetiap masjid yang dibentuk dan disetiap kelurahan. Model pengembangannya berbasis Informasi dan Teknologi (IT), penguatan ekonomi dan sosial, kemasyarakatan mandiri,” tandasnya.
Sementara, Asperbangkesra Kota Bogor, H. Edgar Suratman, menuturkan, BKPRMI ini adalah salah satu organisasi ormas islam yang tentunya lebih fokus ke pada peningkatan kuantitas dan kualitas remaja masjid.
“Diharapkan dengan adanya Musyawarah Daerah BKPRMI ke lima ini, menghasilkan program yang kapabel, visionable, profesional, prespektif dan produktif untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas remaja masjid, kedua, menghasilkan pemimpin yang tidak hanya mengandalkan voting, tetapi dengan bermusyawarah. Mengenai judulnya, yang harus dikedepankan adalah perwujudan dari judul tersebut, tidak hanya di dalam acara saja pengaplikasiannya. Serta, harus memiliki profesionalisme, integritas, kepedulian dan inovasi,” pungkasnya.
Acara turut dihadiri oleh, Ketua Umum DPD BKPRMI Kota Bogor, Drs. KH. Dede Supriatna, Dewan Penasihat DPD BKPRMI Kota Bogor, Drs. KH. Ade Sarmili, Sekretaris Umum DPD BKPRMI Kota Bogor, Husen Assoleh, Ketua Umum DPW BKPRMI Jawa Barat, H. Yeyen Munawar RZ, Asperbangkesra Kota Bogor, H. Edgar Suratman, Ketua Umum KNPI Kota Bogor, H. Hasbulloh , Ketua Umum MUI Kota Bogor, KH. Adam Ibrahim, Ketua Umum FKDT Kota Bogor, Ahmad Fathoni, Ketua Umum GP Ansor, Rachmat Imron Hidayat, unsur jajaran Kecamatan Se-Kota Bogor dan unsur Ormas lainnya. (Nai)

Comments