Pelaku UMKM Kecamatan Tenjo Mulai Diperhatikan

TENJO – Para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Tenjo saat ini mulai diperhatikan. Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan pembinaan bagi kelompok UMKM dari Disperindag Kabupaten Bogor yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Tenjo.

Para pelaku UMKM yang bergabung dalam wadah asosiasi UMKM ini, mendapat pembekalan terutama soal fungsi dan peran forum asosiasi UMKM dalam rangka membangun kebersamaan. Selain itu, nantinya pelaku UMKM yang ada di wilayah kecamatan akan diberikan izin usaha yang diterbitkan oleh kecamatan. Izin usaha sangat perlu di miliki oleh pelaku UMKM tersebut. “untuk itu, adanya sertifikasi produk seperti contohnya sertifikasi halal untuk makanan dan minuman sangat perlu disosialisasikan terlebih dahulu untuk produk-produk UMKM,” kata A. Aziz, Kabid UMKM Disperindag Kabupaten Bogor kepada wartawan, Rabu (24/5/2017).

Menurutnya, hal ini perlu diinformasikan agar para pelaku UMKM yang belum mempunyai kemasan dan belum mempunyai sertifikasi halal bisa dapat bersaing dipasaran. Hal ini perlu juga diketahui oleh masyarakat. “Makanya kami melakukan pedampingan dan sosialisasi secara menyeluruh. Program ini juga akan dilakukan di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Sudah ada 20 kecamatan yang telah dilakukan kegiatan semacam ini,” tuturnya.

Aziz menambahkan, wilayah Kecamatan Tenjo lumayan jauh dari Pemerintahan Kabupaten Bogor. Oleh sebab itu, pola pemberdayaan bagi pelaku UMKM yang ada di kecamatan Tenjo harus dirubah. Karena jika harus datang ke pusat pemerintahan Kabupaten Bogor sangat jauh. “Jadi nanti narasumber kami yang selalu datang kesini untuk mengadakan pelatihan. Karena masyarakat yang sudah banyak usaha, merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah. Tinggal bagaimana nanti pemerintah berusaha membantu masyarakat pelaku UMKM agar menjadi lebih maju.” kata Azis mengakhiri. (mul).

Comments