Cara Jitu Menanam Tumbuhan Dalam Pot

bogorOnline.com-

Ada orang yang kurang memahami bahwa tumbuhan yang ditanam dalam pot memerlukan treatmentberbeda dibandingkan tanaman yang tumbuh di atas lahan langsung. Itu karena tanaman dalam pot punya media dan ruang yang terbatas.

Jika tanaman dalam pot hanya menggunakan media tanam tanah, genangan air akan membuat tanah menggumpal dan aliran udara dalam tanah terhambat. Tanaman yang kekurangan udara pun akan menguning dan layu sebelum waktunya.

Untuk menghindari hal itu, lakukan proses yang tepat untuk menanam tanaman dalam pot. Tiga hal berikut inilah kuncinya.

1. Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam pot, isi bagian paling bawah pot dengan potongan styrofoam. Potongan styrofoam akan menciptakan celah sehingga terdapat pertukaran udara,  dan air dapat mengalir dengan baik.

2. Campur tanah dengan media tanam lain seperti kokopit (cocopeat), sekam, pupuk kandang, atau kompos. Pilih media tanam sesuai jenis tanamannya. Contohnya, pakis dan anturium, biasanya menggunakan kokopit. Konsultasikan jenis media tanam dengan tukang tanaman langganan Anda.

3. Setelah beberapa bulan, tanaman akan tumbuh semakin besar. Jika  pot  terlihat mulai "penuh", pindahkan tanaman ke pot yang lebih besar, ganti pula media tanamnya dengan yang baru. Kecuali kalau Anda berniat membuat tanaman itu menjadi bonsai Anda hanya perlu rajin memotong batang tanaman, tidak perlu mengganti pot dan media tanam. Tanaman akan makin melambat dan tetap kerdil.(rul)

Sumber: idea.grid.id

Comments