Solusi Mengatasi Masalahan, Pada Material Kayu

bogorOnline.com-

Kayu merupakan salah satu jenis material favorit yang seringkali digunakan sebagai pelapis dinding, penutup lantai, serta struktur atap. Keindahan serat pada permukaan kayu bahkan membuat material ini juga digunakan sebagai elemen dekoratif seperti partisi, kerai, atau hiasan dinding.

Namun, dibalik berbagai kelebihan yang ditawarkan, kayu memiliki kelemahan seperti mudah tergores atau mudah lapuk akibat digerogoti rayap. Oleh karena itu, kayu membutuhkan perawatan ekstra agar kualitas dan penampilannya selalu terjaga.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat dan mengatasi berbagai permasalahan yang kerap kali terjadi pada kayu.

Mengatasi Jamur Pada Kayu

Material ini rawan lembap jika ditempatkan pada area terbuka seperti teras atau gazebo. lambat laun akan timbul jamur yang merusak kayu. Untuk mengantisipasi ini, jemur furnitur kayu secara berkala untuk menjaganya tetap kering.

Namun jika sudah terlanjur terkena jamur, bersihkan jamur dengan menyapukan lap basah. Kemudian gosok permukaan yang berjamur dengan menggunakan minyak kayu putih atau alkohol. Jika Anda ingin menghilangkan jamur secara permanen, Anda bisa memberikan lapisan coating(cairan pelapis) berupa cat kayu bening dari bahan melamin.

Mengatasi Rayap

Rayap adalah musuh terbesar kayu yang mampu merusak seluruh bagiannya. Cara terampuh yang bisa digunakan adalah melapisi kayu dengan cairan kimia pembersih rayap. Namun, ada pula cara alami yang dapat Anda lakukan, seperti menyiram sarang rayap dengan air cucian beras pertama atau menyemprotkan larutan dua gelas air yang dicampur dengan 10 batang rokok dan ½ sendok makan garam. Diamkan larutan tersebut semalaman dan semprotkan pada kayu yang terserang rayap.(rul)

Sumber: majalahasri.com

Comments