Untuk Sang Pendaki Ada, Kompor Portabel Sederhana

bogorOnline.com-

Mendaki gunung memerlukan peralatan yang terbilang banyak dan fatal akibatnya bila ada satu benda yang tertinggal. Salah satu peralatan yang harus dibawa saat pendakian ialah kompor portable.

Kompor yang juga disebut kompor lapangan itu merupakan benda yang sangat penting perannya. Sebab, dengan adanya kompor proses memasak makanan akan mudah dilakukan, terutama ketika cuaca buruk terjadi.

Meskipun banyak ragam kompor lapangan yang dijual di toko-toko, membuat kompor lapangan sendiri tidak ada salahnya, selagi masih mudah dilakukan dan benar caranya. Berikut tips mudah membuat kompor lapangan sederhana dari kaleng soda.

Bahan-bahan: Kaleng soda, cutter, paku kecil, kapas, palu, spidol, gunting dan alkohol.

Cara Membuat:

1. Buat garis melingkar dengan menggunakan spidol pada kaleng soda, kemudian potong dengan menggunakan cutter, dan rapikan bekas potongan yang kasar dengan gunting.

2. Isi salah satu bagian kaleng soda dengan kapas secukupnya, jangan terlalu padat. Kemudian tutup dengan bagian kaleng soda yang satunya lagi.

3. Lubangi bagian bawah kaleng soda dengan menggunakan paku yang dipukulkan menggunakan palu. Buat lubang kecil-kecil mengelilingi kaleng dan lima lubang kecil lainnya seperti mata dadu di tengah bagian kaleng (masih di bagian bawah).

4. Isi kaleng dengan alkohol lewat lubang-lubang kecil yang tadi dibuat, perlahan-lahan dan secukupnya. Kompor lapangan sederhana dari kaleng soda pun siap digunakan.(rul)

Sumber: lifestyle.okezone.com

Comments