Yuuuu Mendesain Rumah, Tanpa Menebang Pohon

bogorOnline.com-

Rumah yang Dirancang oleh AS/D Asociacion de Desino di Mexico City, Meksiko (Rumah123/Dezeen)Apa yang biasa dilakukan saat ingin mendesain dan membangun rumah di sebuah lahan yang penuh dengan pohon?

Rumah yang Dirancang oleh AS/D Asociacion de Desino di Mexico City, Meksiko (Rumah123/Dezeen)

Apa yang biasa dilakukan saat ingin mendesain dan membangun rumah di sebuah lahan yang penuh dengan pohon? Cara yang termudah adalah menebang semua pohon tersebut.

Pendekatan berbeda dilakukan oleh biro arsitek asal Meksiko, AS/D Asociacion de Desino saat merancang rumah yang diberi nama Mezquites House.

Rumah yang berdesain minimalis dan berbentuk kotak ini berada di kota San Miguel de Allende, negara bagian Guanajuato, Meksiko.

AS/D Asociacion de Desino tidak menebang pohon kaktus besar yang berada di lahan ini dan menjadikannya menyatu dengan rumah. Apalagi rumah ini berdesain minimalis dengan mengaplikasikan material beton ekspos, bata ekspos, dan kaca.

“Kriteria konseptual dari rumah ini adalah mempertahakan semua elemen natural melalui rangkaian taman di mana rumah terhubung di antara semuanya dan menghasilkan keterkaitan yang kuat antara interior dan eksterior,” ujar AS/D Asociacion de Desino seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Biro arsitek tetap mempertahankan sejumlah pohon terutama pohon kaktus yang berada di tengah lahan. Begitu juga dengan pohon Mesquite yang berada di salah satu sudut taman.

Banyak biro arsitek yang tetap mempertahankan pohon yang ada ketika mendesain dan membangun rumah. Mereka mencoba menyelaraskan desain dengan alam lingkungan sekitar.

Kalau sekedar menanam pohon di taman sebuah rumah tentu hal biasa sekali, tetapi tentunya tidak biasa kalau mendesain rumah justru tetap mempertahankan pohon yang sudah ada.

Tentunya tidak mudah lho bagi arsitek untuk melakukannya. Kalau kamu punya lahan dan ada tanamannya, jangan ditebang dan coba untuk mendesain hunian yang selaras dengan alam.(rul)

Sumber: propertidata.com

Comments