Pengurus Dian Kemala, Sambangi Kabupaten Bogor

CIBINONG-

Berbagai cara memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Dian Kemala yang merupakan persatuan istri purnawirawan Polri, para pengurus pusat Dian Kemala berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor pada senin (28/8), Meninjau PT. Mayer Indah dan PT Wacoal serta melihat UMKM Kabupaten Bogor bertempat di Pendopo Bupati Bogor.

Ditemui di saat kunjungan berlangsung Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan kunjungan para pengurus pusat Dian Kemala ke Kabupaten Bogor mengenalkan produk unggulan industri garnem dan lainnya di Kabupaten Bogor seperti kain brokat, kain bordir serta hasil produk UMKM di Kabupaten Bogor agar terjalin kerjasama untuk kedepannya sehingga para pelaku usaha kecil tersebut bisa maju.

“Saya kenalkan beberapa produk unggulan di UMKM di Kabupaten Bogor, sehingga saat pulang dari Kabupaten Bogor pengurus Dian Kemala Pusat dapat mempromosikannya karena produk UMKM di Kabupaten Bogor tidak kalah dengan daerah lain,”ujarnya.

Ia juga menambahkan, untuk mengembangkan produk-produk lokal. Dinas Perdagangan dan Perindustrian terus melakukan pembinaan baik itu dari sisi mental, produksi, pengemasan produk hingga penjualan.

“Dengan pembinaan kepada para pengusaha dan kerjasamanya sudah banyak produk lokal Bogor yang sudah di jual ke pasar nusantara maupun eksport ke luar negeri baik itu ke Benua Asia, Eropa maupun lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dian Kemala, Fifi Firman Gani sangat mengagumi baik itu kain brokat, kain bordir dan  UMKM di Kabupaten Bogor agar produk lokal bisa ditingkatkan untuk eksportnya.

“Indonesia jangan hanya bisa import tapi harus bisa  eksport juga. Kain brokat dan kain bordir ini sebuah produk yang tak kalah dari negara lainnya. Apalagi beberapa desainer ternama sudah menggunakan kain brokat dan kain bordir Indonesia dalam pagelaran busana kelas dunia, bahkan saya yakin UMKM Kabupaten Bogor pun bisa bersaing di tingkat Nasional sehingga bisa di ekspor,” kata Fifi Firman Gani.

Fifi juga mengajak generasi muda untuk menghargai dan mencintai seni dan budaya Indonesia dengan menggunakan busana lokal.

“Kain brokat dan bordir ini kan bisa dikombinasikan dengan kain batik atau celana jeans hingga terlihat trendi bagi anak-anak muda. Apalagi Presiden Joko Widodo pada perayaan HUT RI ke 72 tahun beberapa waktu lalu mengajak kita untuk melestarikan pakaian adat nusantara,” sambungnya.(Diskominfo/rul)

Comments