7 Penyakit Yang Bisa Sembuhkan Oleh Buah Ciplukan

bogorOnline.com-

Ciplukan, tanaman kecil yang tumbuh luar di pesawahan dengan buah yang mungil namun mempunyai manfaat dan khasiat yang besar bagi manusia. Kini tanaman yang satu ini semakin dikenal berkat khasiat dan manfaat yang ada di ciplukan ini. Ciplukan mengandung saponin (tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, tanin,dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat, Elaidic acid. (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid, C27H44O-H2O (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah). Berikut ini adalah beberapa manfaat buah ciplukan.

Menyembuhkan penyakit jantung

Buah ciplukan dapat mengobati gangguan jantung. Caranya mudah, yaitu gunakan 40 helai daun ciplukan kemudian hancurkan dengan menggunakan blender, kemudian minum jus tanpa menggunakan campuran apa-apa.

Sebagai obat asma, penggunaan Buah ciplukan sebagai obat asma tergolong mudah. Caranya ambil daun dan batang ciplukan, kemudian rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian dicampur dengan kapur sirih kemudian dihancurkan dengan kedua telapak tangan. Kemudian diberi dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan hingga keluar air berwarna hijau putihan serta buih. Kemudian oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

Mengobati penyakit kurap, penyakit kurap memang sangat mengganggu. Untuk mengobatinya cukup dengan menghancurkan daun ciplukan kemudian oleskan pada bagian kulit yang terdapat kurap. Menurunkan demam, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak. Menurunkan tekanan darah tinggi, buah ciplukan digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan dari daun, buah dan akar selama tiga minggu berturut-turut. Membersihkan kencing kotor caranya yaitu cukup dengan minum air rebusan dari akar hinggai pucuk dari pohon ciplukan.

Mengobati kanker payudara

Kanker payudara terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi ciplukan ternyata bisa menyembuhkan penyakit kangker ini. Caranya, gunakan daun pucuk yang muda dicampur dengan empat biji beras serta tunas kunyit. Kemudian hancurkan dengan parutan kelapa sampai lumat. Kemudian ramuan tersebut ditempelkan pada payudara yang terkena kangker. Mengobati stroke, ciplukan juga bisa digunakan untuk mengobati stroke. Caranya yaitu dengan Meminum dan memakan bagian-bagian dari ciplukan secara rutin. Mengobati kencing manis, kencing manis (diabetes) adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Caranya yaitu, merebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minumlah tiga kali sehari secara rutin.(rul)

Sumber: Brilio.net

Comments