Hadiri TTI, Tiga Pimpinan DPRD Kota Bogor Goes to Moskow

Bogor – bogorOnline.com
Tiga orang Pimpinan DPRD Kota Bogor menghabiskan Rp195 juta selama enam hari dalam mendampingi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor diacara Festival Indonesia (FI) ke-2 di Hermitage Garden, Moskow, Rusia. Acara yang digelar 4 sampai 6 Agustus 2017 merupakan salah satu upaya promosi Trade Tourism and Investment (TTI) dan Sosial Budaya Indonesia di Rusia.  Dalam acara tersebut beberapa produk asli Kota Bogor dipamerkan, Walikota Bogor Bima Arya diundang dalam acara yang sama namun tidak hadir dan memilih tetap di Kota Bogor.
Sekretaris DPRD Kota Bogor, Dwi Roman Pudjo membenarkan, untuk para pimpinan DPRD Kota Bogor berangkat hari Rabu (2/8) dan hari Senin (7/8) direncanakan pulang ke Kota Bogor. Untuk yang berangkat Ketua DPRD Kota Bogor Untung Maryono dan Wakil DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat serta Heri Cahyono.
“Ada surat izin dari Gubernur dan Kemendagri. Itu direkomendasi Wali Kota Bogor untuk izin ke Gubernur, dokumen dan berkasnya sudah lengkap. Anggaran dari DPRD Kota Bogor,” ungkapnya.
Dwi melanjutkan, untuk dokumennya ada di bagian keuangan, pimpinan DPRD Kota Bogor dalam perjalanan dinas. Dalam surat tindak lanjut kerjasama serta mempromosikan pariwisata, investasi dan produk-produk unggulan Jawa Barat.
“Salah satunya ada produk Kota Bogor di acara itu. Izin pimpinan DPRD Kota Bogor dari tanggal 2 sampai 7 Agustus 2017,” tambahnya.
Sementara Kasubag Perbendaharaan Yenelli menuturkan, biaya perjalanan dinas pimpinan DPRD Rp35 juta untuk Hotel dan transport itu untuk satu orang. Untuk uang harian Rp30 juta selama enam hari, semua sudah include dengan  biaya tersebut.
“Anggaran tersebut dari APBD Kota Bogor yang diposkan di Sekwan. Itu untuk selama enam hari, rencanya besok sampai Kota Bogor,” terangnya.
Diketahui satu orang pimpinan DPRD Kota Bogor mendapat Rp65 juta dari APBD untuk perjalanan ke Moskow, hanya tiga orang yang ikut. Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Bogor dari partai Gerindra Sopian Ali Agam tidak ikut berangkat, dikarenakan ada kegiatan partai. Jadi total anggaran yang dikeluarkan adalah Rp195 juta dari APBD Kota Bogor.
Dari informasi yang dihimpun, dalam rangkaian acara FI ke-2 2017 diadakan forum bisnis dan investasi pada tanggal 4 Agustus 2017, pameran berbagai produk Indonesia, promosi pariwisata, pertunjukan seni budaya Indonesia, pesta kuliner Indonesia, fashion show, demo masak, pameran foto, bazar, workshop batik serta kegiatan interaktif lainnya. Sayangnya Walikota Bogor Bima Arya yang di undang secara khusus, tidak hadir dalam acara tersebut dan diwakili oleh SKPD terkait.

Comments