KOPEL Minta Tiga Pimpinan DPRD, Ekspose Kegiatan Mereka Selama di Moskow

Bogor – bogorOnline.com
Kepergian tiga pimpinan DPRD Kota Bogor ke Moskow, Rusia dalam rangka menghadiri Festival Indonesia, belum lama ini, terus menuai sorotan. Direktur Koalisi Pemantau Legislatif (KOPEL), Syamsudin Alamsyah meminta ketiganya melakukan ekspose terkait hasil kunjungan tersebut.
“Mereka harus mempertanggung jawabkan kegiatan yang dilakukannya selama di luar negeri itu. Mesti ada laporan selama perjalanan, termasuk hasil di acara itu. Masyarakat berhak mengetahui seluruh perjalanan para wakil rakyat itu, karena mereka berangkat menggunakan uang rakyat, jadi harus ada pertanggung jawaban yang jelas,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (10/8).
Menurut dia, publik berhak menggugat pertanggungjawaban para pimpinan DPRD lantaran biaya perjalanan menggunakan uang rakyat.
“Ketika ada kegiatan yang menggunakan uang rakyat, harus diminta pertanggung jawabannya kepada yang bersangkutan,” ucapnya. Iapun meminta agar masyarakat Kota Bogor mempertanyakan hasil perjalanan ke luar negeri itu, termasuk permasalahan perizinan dan kordinasi antara DPRD dengan Walikota. Sebab, pihak Pemkot sendiri tidak hadir dalam acara itu, sedangkan DPRD hanya bertugas mendampingi.
“Walikota tidak hadir dalam undangan ke Moskow itu. Jadi agendanya harus jelas dalam perjalanan dinas itu, kalau agendanya tidak jelas, seharusnya tak perlu ke luar negeri,” tukasnya.
Sebelumnya, Sekretaris DPRD Kota Bogor, Dwi Roman Pudjo membenarkan bahwa tiga pimpinan DPRD menghadiri kegiatan untuk memenuhi undangan. Menurutnya, pimpinan dewan tersebut adalah Ketua DPRD Untung W Maryono, Wakil Ketua DPRD Jajat Sudrajat, dan Heri Cahyono.
” Surat izin dari Gubernur dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ada. Anggarannya berasal dari DPRD,” ujar Dwi saat ditemui awak media di kantornya, Senin (7/8). (Nai)

Comments