Lima Belas Ribu Peserta Akan Ramaikan Parade Kebhinekaan Nusantara

BOGOR – Dalam rangka memperingati 72 tahun Kemerdekaan Indonesia, Taruna Merah Putih bersama ormas pemuda, mahasiswa dan kemasyarakatan, kelompok-kelompok kreatif anak muda, tokoh lintas agama, dan masyarakat umum akan menggelar Kirab Kemerdekaan, Parade Kebhinekaan Nusantara & Kuliner khas berbagai daerah pada Minggu (27/8/2017) mendatang.

Acara yang akan menampilkan keragaman Indonesia itu, dipusatkan di Jalan Raya Perumnas 2 Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor. Sedikitnya 15 ribu peserta diperkirakan akan hadir meramaikan acara tersebut.

Ketua DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Bogor Egi Gunadhi Wibhawa mengatakan Kirab Kemerdekaan & Parade Kebhinekaan Nusantara bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat beragam suku, agama, ras dan golongan. Semuanya meskipun berbeda-beda, kata Egi, dibutuhkan perannya dalam membangun bangsa. “Parade kebhinekaan ini adalah sosialisasi kepada masyarakat bahwa dalam keragaman kita adalah bangsa yang satu, sesuai semangat Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu,” kata Egi.

Egi yang juga anggota DPRD Kabupaten Bogor itu menambahkan, dengan modal persatuan, segala upaya untuk membangun negara, terutama membangun daerah Kabupaten Bogor akan menjadi lebih mudah. “Semua pihak menyadari perannya dan mendapat kesempatan untuk berperan membangun bangsa. Ini yang kita kenal dengan gotong-royong,” kata Egi.

Egi menambahkan, acara ini mengambil tema “Mem-Pancasila-kan Indonesia, Lintas Suku, Agama, dan Budaya”. Maksudnya, Pancasila yang sudah disepakati sebagai ideologi bangsa, harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Perdebatan kita adalah soal bagaimana membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, bukan mempertentangkannya dengan agama,” kata Egi, seraya menambahkan bahwa Pancasila dirumuskan para pendiri bangsa yang agamis dan nasionalis.

Parade Kebhinekaan Nusantara yang digelar di Parungpanjang menjadi puncak acara. Sebelumnya, mini event Parade Kebhinekaan digelar di sejumlah zona wilayah Kabupaten Bogor.

Parade Kebhinekaan Nusantara akan diramaikan dengan berbagai pertunjukan mulai dari tari Tor-tor, tari saman, tari Nusantara Sabang-Merauke, tari seribu tangan, qosidah modern, pameran lukisan dan berbagai penampilan kesenian lainnya. Sejumlah tokoh nasional dan daerah dijadwalkan akan menghadiri acara tersebut, antara lain Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Anggota DPR RI Adian Yunus Yusak Napitupulu, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, SH, MH, M.Si, Deputi UKP-PIP, dan Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih Maruarar Sirait, S.IP.

Berdasarkan data panitia, setidaknya sudah ada 43 ormas, organisasi kepemudaan dan komunitas yang akan turut mensukseskan acara ini. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, pekan ini sudah menggelar rapat teknis penyelenggaraan kegiatan. (*)

Comments