Sekda, GTP Berikan Ruang Terbuka Hijau Kota Bogor

Bogor – bogorOnline.com

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menyampaikan apresiasinya kegiatan Gerakan Tanam Pohon (GTP) yang menjadi satu bukti nyata dari kerjasama semua komunitas untuk membangun dan memelihara Kota Bogor sesuai dengan tema HUT Republik Indonesia ke-72, Indonesia Kerja Sama, Kerja Sama Untuk Indonesia.

“Hari ini BPN yang secara tupoksi mengurus dan mengukur pertanahan, tapi yang sangat hebat BPN juga ikut memelihara melalui Gerakan Tanam Pohon,” ungkap Ade saat mengikuti kegiatan Gerakan Tanam Pohon (GTP) di Kantor Pertanahan Kota Bogor, jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Minggu (27/8/17).

Ade berharap agar kegiatan ini menjadi uswah atau contoh bagi komunitas lainnya di Kota Bogor.

“Gerakan Tanam Pohon ini sangat strategis, jika dilanjutkan secara masif dan ditularkan kepada generasi muda Kota Bogor tentang kecintaan tanam pohon yang dapat memberikan ruang terbuka yang sangat hijau nantinya,” kata Ade.

Kedepan Ade menuturkan, penanaman pohon dapat disinergikan dalam syarat pengurusan perizinan, seperti tiga tahun lalu, syarat pelantikan CPNS Kota Bogor adalah menanam pohon. Hasilnya sekarang jalan Regional Ring Road (R3) luar biasa hijau.

“Saat itu ada 200-an CPNS yang menanam 4 pohon per orang,” sebutnya.

Sementara itu Kepala BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh dalam sambutan mengatakan apresiasi sinergitas dan hubungan yang terjalin antara Pemerintah Kota Bogor dan BPN Kota Bogor.

“Kegiatan ini merupakan intruksi dari Menteri Agraria yang juga kepala BPN kepada kantor BPN di seluruh Indonesia untuk memulai Gerakan Menanam Pohon,” tutur Ery.

Ery menambahkan, ini adalah intruksi dari pusat ke 33 kantor wilayah dan 440 kantor pertanahan, kami diwajibkan minimal menanam 25 pohon, namun jika lebih, akan lebih bagus, jika kurang tidak diperkenankan.

“Harapannya penghijauan ini mewariskan kepada anak cucu kita kelak agar nantinya tercipta lingkungan yang sehat, hebat dan kuat bagi mereka,” ujarnya.

Kegiatan GTP terselenggara berkat adanya kerjasama tiga pihak yakni BPN, BJB Kota Bogor dan didukung Pemerintah Kota Bogor, DPRD Kota Bogor serta komunitas tanam pohon. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Pimpinan BJB Kota Bogor. (Nai/ist)

Comments