Ada Garam Tidak SNI, Pd Pasar Pasar Tohaga Bakal Bertindak

CIBINONG-

Mengenai adanya temuan garam tidak beryodium sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) beredar di Pasar Cibinong dan Citeureup. Beberapa hari yang lalu oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Pemkab Bogor.

Maka Humas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD Pasar Tohaga Isni Jayanti mengatakan, pihaknya baru mengetahui bahwa adanya temuan garam yang tidak SNI tersebut. Sebab sampai saat ini belum ada tembusan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait kepada dirinya. Namun informasi itu sangatlah penting, apalagi terbukti ditemukan pada pasar yang ada di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Kami akan melakukan pengawasan secara langsung kepada para pedagang yang menjual garam tersebut, dan segara melakukan pengecekan lebih lanjut,” singkat Isni saat ditemui bogorOnline.com di kantornya.

Sebelumya, Kepala Bidang (Kabid) pada Disperdagin Pemkab Bogor Jona Sijabat menjelaskan, memang pihaknya telah menemukan jenis garam mulai dari kasar, halus sampai bata, setelah dicek oleh tim penanggulangan garam beryodium bekerja sama laboratorium (Lab) Institut Pertanian Bogor (IPB). Hasil sementara tidak sesuai standar, yang seharusnya mengandung iodium berkisar antara 30-80 ppm (30-80 mg iodium dalam 1kg garam).

“Sedangkan tiga jenis garam tersebut hannya memiliki kadar iodium di bawah 30 ppm,” kata Jona saat ditemui bogorOnline.com di kantornya Rabu (9/8/17).(rul)

Comments