Desa Ragajaya Optimis Sabet, Peringkat Pertama Jabar

BOJONGGEDE-

Desa Ragajaya, Kecamatan Bojong gede merupakan salah satu Desa di Kabupaten Bogor yang memiliki berbagai keunggulan. Maka tidak salah Desa tersebut mewakili Kabupaten Bogor dalam penilaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) 10 program PKK dan 5 Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang penilaiannya bertempat di Kantor Desa Ragajaya pada Selasa (26/9).

Dalam sambutan selamat datangnya Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan bahwa keunggulan Desa Ragajaya Kecamatan Bojong Gede yakni Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UP2K) yang pemasarannya sudah sampai ke Papua dan wilayah Jakarta, berupa bunga akriuk, almon crispi, cistik berbahan dasar ketan serta minuman herbal dan metode pemasaran online berupa kerajinan dari limbah sampah.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukkan kinerja kami dalam pembinaan tim penggerak PKK guna meningkatkan kualitas Desa Raga Jaya Kecamatan Bojonggede sebagai Desa yang menonjol dalam 10 program pokok PKK di Kabupaten Bogor ┬ádengan harapan dapat meningkatkan prestasinya menjadi Desa Terbaik pelaksanaan 10 program pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Barat,”ujarnya.

Nurhayanti juga mengatakan 10 program pokok PKK telah menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan, terutama apabila dihubungkan dengan tujuan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam aspek pendidikan, kesehatan, perbaikan gizi dan kependudukan serta peningkatan aksesibilitas terhadap kemandirian dan kesejahteraan hidup.

“Melalui pengembangan 10 program pokok PKK, masyarakat berkesempatan memperoleh pencerdasan dan pencerahan mengenai bagaimana cara hidup yang lebih baik dan terarah, sehingga secara bertahap dan mampu meningkatkan kualitas kehidupannya secara mandiri,”katanya.

Ia juga menjelaskan guna mendukung penyelenggaraan 10 program pokok PKK, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas pemberdayaan masyarakat Desa telah melaksanakan berbagai upaya pembinaan, antara lain melalui  dukungan bantuan hibah untuk kegiatan tim penggerak PKK Kabupaten Bogor, sedangkan untuk tim penggerak PKK Desa dianggarkan melalui dana Desa di masing-masing Desa dan untuk tim penggerak PKK Kecamatan dimasukkan dalam Kecamatannya.(rul/Diskominfo)

Comments