Dihadiri Sri Bintang Pamungkas, Sidang Pembacaan Eksepsi Tuntutan JPU Untuk KGP Ditunda

Bogor – bogorOnline.com
Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B Kota Bogor kembali menggelar sidang kelima kasus dugaan ujaran kebencian terhadap salah satu etnis dengan terdakwa paranormal kontroversial Ki Gendeng Pamungkas (KGP), Senin (18/7/17).
Rencananya agenda persidangan kali ini adalah pembacaan eksepsi Jaksa Penuntut Hukum (JPU) atau penolakan/keberatan terkait kasus yang sedang digelar. Namun, sidang tersebut ditunda, dan akan dilanjutkan pada sidang selanjutnya, dengan alasan belum siap.
Salah seorang sahabat dekat KGP yang bernama Sri Bintang Pamungkas (SBP) mengutarakan kekecewaannya, dirinya merasa sangat kecewa karena sidang penuntutan hari ini ditunda dengan alasan belum siap.
“Padahal kalau saya melihat persoalnya perkara itu gampang-gampang saja, dan tidak harus ada Eksepsi dari terdakwa yang seharusnya dengan mudah para jaksa dan para ahli-ahli bisa menyusun tuntutanya,” ungkap SBP kepada Wartawan.
Sementara itu, KGP menuturkan, pihaknya merasa, penundaan pembacaan tuntutan terhadapnya ini, karena ada kepentingan yang menjadi pertimbangan JPU.
“Melihat dadakan seperti ini, pasti saya sih asik asik saja, walau saya mengerti siapa yang intervensi,” singkatnya.
Sebelumnya, KGP telah didakwa dengan dakwaan alternatif pertama pasal 4 huruf B Jo Pasal 16 UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi Ras dan Etnis atau kedua Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE atau ketiga Pasal 156 KUHP. (Nai)

Comments