Yang Punya Motor Matik, Ini Rahasianya Biar Irit Bensin

bogorOnline.com-

Motor-motor modern kini sudah dibekali berbagai peranti yang mendukung keefisiensian bahan bakar. Seperti halnya yang ditanamkan pada motor jenis skuter matik. Meski demikian ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan agar motor makin irit bahan bakar.

Sebab, motor bisa boros bahan bakar tergantung dari perawatan ataupun karakter penggunanya. Lantas, apa saja resep yang bikin motor dapat irit bensin? Berikut seperti dilansir situs resmi Honda, Selasa 19 September 2017:

1. Pakai bahan bakar yang sesuai

Kebanyakan motor matik bisa ‘meminum’ bahan bakar jenis premium. Namun, disarankan agar menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi. Dengan begitu, deposit sisa gas bakar dapat diminimalisasi yang membuat pembakaran di motor matik menjadi homogen yang menyebabkan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

2. Berkendara dengan konstan

Maksudnya adalah tak mengubah laju motor matik secara tiba-tiba, karena ini berhubungan dengan sistem transmisi motor matik itu. Dengan menggunakan motor secara halus, maka komponen mesin dan transmisinya akan terjaga lebih awet.

3. Servis berkala

Dengan melakukan servis berkala, maka kondisi komponen akan selalu terkontrol, sehingga jika komponen sudah tak layak akan diganti dengan part pengganti yang membuat mesin motor selalu dalam kondisi terbaik.

4. Periksa peranti transmisi

Komponen-komponen pada sistem transmisi memiliki kerja yang amat berat, maka itu periksalah selalu kondisinya. Jangan biarkan salah satu komponen tersebut dalam kondisi yang tak baik, karena akan memengaruhi kinerja komponen lainnya. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti oli transmisi.

5. Periksa kondisi accu

Motor matik jenis terbaru sudah mengaplikasi injeksi pada sistem pemasukan bahan bakarnya. Injeksi merupakan teknologi canggih yang membuat kinerja motor menjadi lebih efisien. Namun, patut diingat bahwa injeksi merupakan peranti elektronis yang kinerjanya bergantung pada arus listrik yang stabil.

Untuk itu selalu periksa kondisi accu motor matik Anda agar dalam kondisi optimal, sehingga injeksi dan peranti elektronik lainnya bekerja secara sempurna.

6. Jangan bawa bobot berlebih

Motor matik memang memiliki kelebihan dibanding motor lainnya, selain penggunaannya mudah, karena tidak perlu mengoper gigi dan mengatur kopling. Ruang dek yang luas menjadikan motor ini leluasa membawa barang-barang. Namun ingat, jangan bawa barang dengan beban berlebih, selain akan membuat motor matik tidak awet, juga berbahaya untuk keselamatan.

7. Rutin ganti oli

Perhatikan jadwal ganti oli motor matik Anda. Lakukan secara rutin, dan gunakan oli yang direkomendasikan pabrikan agar sepeda motor selalu dalam kondisi terbaik.(rul)

Sumber:http://riauaktual.com/amp/detail/30232/berikut-rahasia-ampuh-bikin-motor-matik-makin-irit-bbm.html

Comments