ZM Lobi Langsung Walikota Untuk Wujudkan Hasil Reses

Bogor – bogorOnline.com
Setiap dilakukannya kegiatan reses, maka ditemukan banyak hal yang menjadi suatu catatan, seperti di sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.
Seperti yang terjadi, pada reses yang dilakukan Anggota DPRD Kota Bogor yang juga Ketua Fraksi PPP, Zaenul Mutaqin (ZM), belum lama ini, di kediaman tokoh masyarakat kecamatan Bogor Barat, Dede Sopian.
Ratusan warga yang hadir, melalui perwakilannya menyampaikan sejumlah permasalahan yang terjadi di wilayah. Seperti ingin ada perbaikan jalan di beberapa titik, pemasangan penerangan jalan umum (PJU), rumah tidak layak huni (RTLH).
Untuk itu, ZM menjelaskan, jika selama menjabat sebagai anggota DPRD periode ini, maka sudah banyak aspirasi masyarakat yang akhirnya oleh Pemkot Bogor direalisasikan. Misalnya, di Bogor Barat sudah terpasang 300 titik lebih PJU dan sejumlah jalan lingkungan diperbaiki oleh dinas terkait.
“Itu baru dari aspirasi yang sampaikan saja. Jika digabungkan dengan anggota dewan lainnya dari berbagai partai, maka sejumlah perubahan sudah banyak terjadi serta itu salahsatunya berawal dari kegiatan reses seperti ini,” tegas Kang ZM.
ZM menuturkan, aspirasi masyarakat akan menjadi pekerjaan rumah baik untuk eksekutif maupun legislatif. Oleh  sebab itu, diharapkan agar eksekutif yang dinakhodai oleh walikota dapat memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan masyarakat, serta menjadikan prioritas hal ini pada musrembang.
“Intinya, yang saya lakukan ini adalah hal yang konkrit alias bukan hanya asal ngomong saja. Saya juga mengawal dan bila dibutuhkan, akan langsung berkomunikasi langsung dengan pak Bima Arya (walikota, red), untuk memperjuangkan apa yang menjadi keinginan warga ini,” janji ZM.
Ditambahkan ZM, hasil reses adalah kebutuhan yang benar-benar diharapkan, bukan suatu kegiatan yang sengaja diciptakan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Karena itu, ketika pemerintah daerah atau eksekutif menyusun perencanaan pembangunan seperti pelaksanaan musrembang, perlu ditegaskan agar dapat mengakomodasikan aspirasi masyarakat yang diperoleh pada saat reses para anggota dewan ini.
“Kalau poin-poin ini sudah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka akan terlihat dengan jelas, ‘benang merah’ pelaksanaan tugas dan fungsi dari lembaga eksekutif serta legislatif, terutama dalam upaya peningkatan derajat kesejahteraan bagi masyarakat di Kota Bogor,” pungkasnya. (Nai)

Comments