HUT TNI Presiden RI Jokowi: Ingatkan Pesan Jenderal Soedirman

bogorOnline.com-

Antusiasme masyarakat untuk menonton Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, menyebabkan kemacetan di sekitar lokasi. Dampaknya, tak hanya tamu undangan, kendaraan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pun terjebak macet selama 30 menit.

Mobil Jokowi tak bergerak, padahal jarak dengan lokasi acara masih sekitar dua kilometer. Melihat situasi itu, presiden yang beken dengan panggilan Jokowi tersebut memutuskan turun dari kendaraan yang ditumpanginya bersama Ibu Negara, Iriana.

“Presiden tadi di dalam mobil memutuskan berjalan kaki,” ucap Ajudan Presiden, Kolonel Mar Ili Dasili, sebagaimana dikutip laman resmi Sekretariat Negara, Kamis 5 Oktober 2017.

Tiga ratus meter menjelang lokasi, Jokowi diapit lima jenderal. Mereka ialah Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian.

Dalam upacara tersebut, Jokowi bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan TNI agar menjaga pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

” Politik tentara adalah politik negara, politik TNI adalah politik negara dan loyalitas tentara adalah hanya loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata Jokowi.

Dia menambahkan, TNI merupakan milik bangsa Indonesia. Tidak terkotak-kotak karena politik. ” TNI adalah milik nasional. TNI tidak masuk politik praktis,” ucap Jokowi.(rul)

Sumber:https://m.dream.co.id/amp/news/terjebak-macet-jokowi-jalan-kaki-bareng-5-jenderal-1710053.html

Comments