Ini Cara Menghindari dan Mengatasi Kanker

BOGOR – Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kota Bogor mengingatkan, selama ini kaum perempuan dianggap sebagai pihak yang berisiko mengidap kanker payudara. Namun akibat perubahan pola hidup dan gaya hidup, kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Termasuk para laki-laki, sehingga karena itu kaum pria juga harus sama-sama mewaspadai.
Pengobatan kanker memerlukan waktu yang relatif lama, berat dan tidak murah. Namun demikian, pandangan optimis terhadap kesembuhan kanker diungkapkan oleh WHO. Badan kesehatan dunia tersebut menyatakan, 43% kanker dapat dicegah dengan menempuh gaya hidup sehat. Sedangkan 1/3 dari seluruh kasus kanker tersebut dapat disembuhkan, jika diketahui gejalanya secara lebih dini.
Tingginya tingkat keparahan kanker, pada umumnya disebabkan penderita memulai pengobatannya pada kondisi stadium tinggi yang sulit disembuhkan. YKPI mencatat, 70 persen pasien kanker payudara baru memeriksakan kondisi kesehatannya ke fasilitas kesehatan pada stadium lanjut.
Padahal sebetulnya, pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya gejala kanker, secara dini dapat dilakukan oleh diri sendiri. Selain itu jenis tes kesehatan tertentu dapat dilakukan untuk mendeteksi potensi adanya kanker pada diri seseorang. Diantaranya tes IV (Inspeksi Visual Asam asetat) dan tes CBE (Clinical Breast Examination).
Di Kota Bogor tes kesehatan seperti itu sudah dilakukan di puskesmas-puskemas. Pemeriksaan IVA pada tahun 2016 dilakukan terhadap 17.295 orang dengan hasil, IVA positif sebanyak 265 orang dan suspect kanker serviks sebanyak 23 orang. Sedangkan tes CBE diikuti 15.795 orang dengan hasil, CBE positif sebanyak 255 orang.
Peribahasa mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terdeteksinya secara dini kanker payudara dan kanker rahim pada masyarakat, dapat menurunkan angka kematian akibat kanker. Selain itu yang jauh lebih penting dilakukan adalah, mengurangi risiko terkena kanker. Untuk itu maka cermati imbauan Kementrian Kesehatan RI tentang perilaku hidup bersih dan sehat melalui CERDIK. Segera terapkan CERDIK dan mari kita cegah diri kita terkena kanker. (Advertorial)
CERDIK
C – Cek kesehatan secara berkala
E – Enyahkan asap rokok
R – Rajin aktivitas fisik
D – Diet sehat dengan kalori seimbang
I – Istirahat cukup
K – Kelola stres dengan baik

Comments