Perusahaan Wajib Bayar, Gaji Karyawan Di Atas UMK

bogorOnline.com-

Seluruh perusahaan yang ada di Indonesia diharuskan menerapkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan nomor 1 tahun 2016, yang mengatur skala upah.

“Nah kita mengatur skala upah ini karena kita berharap mulai sekarang dan kedepan di setiap perusahaan tidak boleh lagi ada diskriminasi sistem pengupahan. Jadi kita harapkan dimanapun pekerja ini bekerja mereka diperlakukan secara adil, supaya ada jaminan dalam pengupahan makanya kita perlu adanya aturan supaya pekerja dibayar dengan nilai pekerjaannya masing-masing, Ucap Direktur Pengupahan Kementerian Ketenagakerjaan, Adriani, Sabtu (21/10/2017).

Disamping itu struktur skala upah ini ia sebut tidak hanya memberikan keadilan pada buruh, tapi bagus juga dari segi pengusahanya. Karena penerapan struktur skala upah ini akan menjadikan setiap perusahaan berdaya saing dalam memberikan upah pada buruh mereka semuanya telah terukur.

“Indikator dalam penyusunan skala upah yang harus diperhatikan karena upah yang diberikan sesuai dengan nilai pekerjaannya. Nilai pekerjaannya bisa dihitung dengan syarat pendidikannya, pengalaman kerja, resiko kerja, lingkungan kerja inilah yang akan menentukan bobot pekerjaannya dan upahnya,” jelas Adriani.

Permenaker Nomor 1/2016 ini sebetulnya bukan peraturan baru, karena sebelumnya sudah ada keputusan menteri nomor 49 tahun 2004 yang mengatur skala upah. Semestinya setiap perusahaan sudah bisa melaksanakannya.

Kalau berbicara masalah upah, tentu ada pembicaraan masalah upah minimum dan ada juga aturan pengupahan diatas upah minimum. Upah minimum hanya boleh dibayarkan pada mereka yang bekerja kurang dari satu tahun.

“Jadi kurang dari satu tahun perusahaan boleh mengupahnya dengan upah minimum, kalau sudah diatas satu tahun maka perusahaan tidak boleh lagi membayar dengan upah minimum. Jadi perusahaan harus membayar diatas upah minimum dan itulah yang diatur dalam skala pengupahan Permenaker Nomor 1 tahun 2016,” tegasnya.

Gaji karyawan harus mengacu pada skala upah yang telah ditentukan dengan indikator -indikator yang ditetapkan.

Untuk sanksinya ia tegaskan telah diatur, jika mengenai perusahaan masih mengupah dibawah upah minimum sanksinya adalah pidana sedangkan untuk mereka yang telah bekerja diatas satu tahun dan perusahaan tidak menerapkan peraturan skala upah sanksinya berupa administratif.(rul)

Sumber:http://pontianak.tribunnews.com/amp/2017/10/21/perusahaan-wajih-bayar-gaji-karyawan-di-atas-umk-ini-syaratnya

Comments