Pol PP Pemkab Bogor Tutup Perusahaan Alas Telur, Yang Makan 7 Korban

CIBINONG-

Kepala Bidang (Kabid) Perundang-undangan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan penutupan perusahaan alas telur di Kampung Cibunar Kardun, RT 02/03, Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang yang menewaskan 7 orang karyawan dan warga tewas itu. Dirinya juga membenarkan tidak ada sama sekali izin dari perusahan itu Maulana dari tingkat desa sampai Pemda.

“Kami juga melarang sama sekali pengoperasian pabrik tersebut, bila masih membandel akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tagas Agus saat dihubungi bogorOnline.com.

Sebelumya, Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Iswahyudi mengatakan, terkait 7 orang karyawan dan warga tewas akibat limbah dari perusahaan alas telur di Kampung Cibunar Kardun, RT 02/03, Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang itu. Dirinya meresahkan ini ada kelemahan dari pengawasan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait ditingkat wilayah. Sebab mana mungkin pabrik sebesar itu yang sudah berjalan tidak diketahui oleh pengawasan yang ada di desa, minimal kecamatan.

“Kami meminta tingkatkan pengawasan diwikayah, jangan Samali kejadian serupa kembali terulang apalqgibsapai makan korban jiwa seperti itu,” tegas Iswahyudi saat ditemui bogorOnline.com di Dewan Selasa (10/10/17).

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor melalui  Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Industri Desy Zerlina menerangkan, memang perusahaan tersebut dari awal pihaknya sudah menduga sama bahwa tidak memiliki izin sama sekali. Hal itu terbukti ketika pihaknya langsung kelokasi menanyakan kepada desa dan kecamatan setempat ternyata benar belum ada sama sekali izinnya dan memang si pemilik pabrik melakukan kegiatan atau proses produksi secara diam-diam.

“Kami sudah melakukan pengecekan izin dan teknis dari perusahaan tersebut dan dipastikan belum memiliki izin usaha industri,” katanya saat ditemui bogorOnline.com di kantornya.(rul)

Comments