Banyak Pabrik Di Timur Buang Limbah Sembarangan, Dewan Wawan Bakal Bertindak

CIBINONG-
Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Wawan Haikal Kurdi mengatakan, terkait banyaknya perusahaan di wilayah Bogor timur yang membuang limbahnya sembarangan. Salah satunya PT ABM yang diduga membuang limbah B3 kesungai Cijere sehingga menebar bau tak sedap, berlokasi dijalan Langbaw, Kampung olok setu, RT05/06, Desa Lewinutug Kecamatan Citeureup.

“Maka kami dalam waktu dekat akan langsung menuju lokasi untuk menyidak pabrikan tersebut. Sekaligus memanggil Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Guna menanyakan sejuah mana pengawasannya sehingga bisa banyak industri yang membuang limbah sembarangan,” tegas Wawan saat ditemui bogorOnline.com di Cibinong.

Sebelumya, Kabid Perundang-undangan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor Agus Ridho mengatakan, memang pihaknya beberapa hari yang lalu sudah melakukan penyegelan. Terhadap satu perusahaan yang memproduksi bakso bernama PT ABM yang ada di Jalan Lanbau, Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Penyegelan tersebut dikarenakan pabrik sudah membuang limbahnya ke sungai Cijere. Sehingga mendapat protes dari warga sekitar,” kata Agus saat dihubungi bogorOnline.com.

Agus menambahkan, segel yang tempelkan oleh Petugasnya pada PT tersebut, sifatnya juga masih peringatan, bukan untuk pemberhentian produksi. Maka sampai saat ini pabrik itu masih bisa beroperasi. Sampai ada kajian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Untuk melakukan pengecekan, apakah limbah yang dibuang itu memang mencemari lingkungan atau tidak. Jadi sekarang pihaknya masih menunggu surat hasil kajian dari dinas terkait.

“Untuk melakukan penindakan selajutnya,” tambahnya.(rul)

 

Comments