SAKIP Kabupaten Bogor Predikat B

CIBINONG-

Pemerintah Kabupaten Bogor mendapatkan kado manis di awal tahun 2018 karena memperoleh nilai B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2017.Penyerahan disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur kepada Bupati Bogor, Nurhayanti pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi Wilayah I yang meliputi seluruh wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat di Batam, Kamis (25/01).

Dikatakan Bupati Bogor untuk penilaian Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Bogor  Tahun 2017 yang sebelumnya hanya memperoleh nilai CC. Saat dilakukan evaluasi nilainya naik menjadi satu tingkat dari tahun 2016 yakni memperoleh nilai B. Nurhayanti juga menjelaskan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerjasama dari seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat yang ikut merumuskan berbagai kebijakan di Kabupaten Bogor.

“dengan diterimanya penghargaan ini, dijadikan motivasi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya ASN Kabupaten Bogor dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan  mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju,”ujarnya.

Acara penilaian hasil evaluasi ini dihadiri lansung oleh menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Dr. Asman Abnur. Secara bersamaan pada acara ini juga dilaksanakan kegiatan Lounching e-SAKIP REVIU oleh Menpan RB.

Dalam arahannya Menpan RB menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi pemerintah saat ini adalah adanya tuntutan masyarakat terhadap kualitas layanan pemerintah yang baik dan Prima.

Untuk menjawab tantangan itu menurutnya perlu dilakukan efisiensi dan efektifitas Birokrasi melalui penerapan Manajemen Kinerja. Salah satunya melalui program SAKIP dimana sistem ini kata dia adalah sistim untuk mewujudkan Efisiensi dan efektiitas kinerja pemerintahan.(Diskominfo/rul)