Delapan Budaya Daerah Nusantara, akan Meriahkan CGM 2018

Jalan Suryakancana akan Ditutup Sementara

bogorOnline.com

Bogor Street Festival atau Cap Go Meh (CGM) tahun 2018, akan segera dilaksanakan pada Jum’at 2 Maret 2018 mendatang. Beragam persiapan-persiapan dilakukan panitia untuk memeriahkan acara rutin tahunan tersebut. Selama kegiatan berlangsung, sepanjang Jalan Suryakencana sampai Sukasari akan ditutup.

Sekda Kota Bogor Ade Syarip Hidayat mengatakan, Kota Bogor sebagai kota pariwisata dan harus terus diusahakan agar sebanyak banyaknya orang dari luar Kota Bogor berdatangan ke Kota Bogor. Sebanyak 28 persen PAD Kota Bogor berasal dari sektor pariwisata. Jadi kalau di tahun 2018 ini sebesar Rp 871 milyar target PAD, diantaranya 28 persen berasal dari sektor pariwisata.

“CGM ini bukan hanya untuk kepentinggan Kota Bogor, atau Jawa Barat saja, tetapi sudah menjadi kepentingan nasional. Jadi semua pihak harus mendukung dan mensukseskannya,” kata Sekda.

Sekda pun menegaskan, Pemkot Bogor ingin menata Jalan Suryakencana sampai ke Sukasari, jadi infrastuktur harus dibangun, termasuk pedestrian di sepanjang Jalan Suryakencana harus dibangun, semuanya untuk mendukung peningkatan pariwisata di Kota Bogor.

“Jadi hajat CGM ini menjadi alat pemersatu untuk Kota Bogor yang lebih nyaman, guyub dan madani di masa mendatang,” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Sahlan Rasyidi mengatakan, ajang CGM selalu menampilkan berbagai seni dan budaya. Ada beberapa sanggar yang ditampilkan di CGM, dan sanggar itu dipilih yang terbaik dengan 3 sanggar. Tamu dari luar daerah ada 7 provinsi yang ikut serta, dan pengisi acara ada dua panggung. Bahkan akan datang tamu dari Purwakarta dan Cianjur.

“Semuanya berkolaborasi untuk terus memeriahkan kesenian di Kota Bogor, dan CGM ini untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara, panitia CGM, Arifin Himawan mengatakan, pada pelaksanaan CGM, personil aparat gabungan yang akan di turunkan sekitar 1000 orang. Untuk tehnis di lapangan akan berperan para aparat pengamanan BKO Polresta Bogor Kota. Sedangkan terkait pengalihan arus lalu lintas akan di sesuaikan, yang ke Jalan Suryakancana selama proses kirab budaya, maka jalur jalan Suryakancana akan ditutup sementara. Jarak tempuh pawai kirab budaya sekitar 1,5 kilometer.

“Jalur lalulintas di Jalan Suryakencana akan ditutup, termasuk jalan Roda yang dijadikan lintasan parade pesta CGM. Ada 29 tim seni dan budaya yang akan tampil, serta 22 tandu dan 25 tim liong dan barongsai. Perbedaan tahun ini, CGM mengakomodir budaya nusantara untuk tampil disetiap event budaya nusantara. Tahun ini ada 8 daerah budaya yang ditampilkan, ada Kalimantan, Maluku, Bali, DKI Jakarta dan lainnya,” pungkasnya. (Nai/ist)

Comments