Petani Ikan di Bogor Siap Menangkan Pasangan ‘Rindu’

Bogor – Kumpulan para petani yang tergabung dalam Paguyuban Petani Jaya Bersama di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, siap memenangkan kandidat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat Juni mendatang.

Paguyuban Petani Jaya Bersama ini memiliki 42 kelompok petani ikan yang berasal dari 517 Kepala Keluarga. Mereka mengembangkan pembibitan ikan hias dan ikan konsumsi.

Produksi ikan tersebut setiap bulannya disalurkan ke wilayah Jabodetabek 36 ton dan 20 ton ke daerah lain di Indonesia. Paguyuban memiliki 23 pengembangan pelayanan ikan di wilayahnya.

Para petani yang diketahui petani ikan ini beralasan pasangan Rindu memiliki program yang sangat konkrit untuk mendorong produk ikan di Kabupaten Bogor mendunia dan membuka akses permodalan usaha bagi petani ikan di Bogor.

Hal tersebut terungkap dalam dialog antara Ridwan Kamil dan petani ikan yang tergabung dalam paguyuban tersebut di Desa Tegal, Kemang Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/04/18).

Menurut Ketua Unit Pengembangan Pelayanan di Paguyuban Petani, Umar Hamzah, petani membutuhkan pemimpin yang berpengalaman dan sudah memberi bukti.

Di Bandung, ada kredit Mesra (Mesjid Sejahtera) untuk masyarakat yang membutuhkan modal usaha. Ini jelas program yang konkrit.

“Karenanya kami tegas tidak akan memberikan pilihan kepada pasangan yang lain,” kata Umar Hamzah di hadapan Ridwan Kamil yang mengawali kampanye di hari ke-54 itu di Kabupaten Bogor.

Umar menjelaskan, pihaknya tidak akan tergiur oleh janji-janji paslon lain yang belum terbukti. “Kredir mesra itu solusi. Kalau kami petani tidak perlu diberi, cukup beri kailnya nanti kami bergerak sendiri. Insyaallah jadi gubernur,” kata Umar dengan suara lantang.

Dalam dialog itu, Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu petani untuk mendapatkan akses permodalan usaha, bekerja sama dengan bank BJB.

Tak hanya itu, penerima 310 penghargaan dalam tempo 4 tahun ini juga akan membawa potensi perikanan Bogor ke dunia Internasional dengan membuat event karnaval Internasional.

“Kita usulkan supaya dibikin pariwisata perikanan. Bentuknya, seperti edukasi, bikin karnaval ikan. Saya akan bantu fasilitasi untuk menaikan citra Bogor ke dunia Internasional, yang identik dengan perikanannya,” ujarnya. (adi)

Sumber: Jarak.id

Comments