Ki Sumantri Budayawan Bogor, Jangan Ikutan-Ikutan Politik Praktis

CIBINONG-

Saat ini bisa dikatakan tahunnya Politik mulai dari Pemilihan kepala daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan digelar serentak yang juga berlaku di Kabupaten Bogor. Dengan adanya tahun politik tersebut maka salah satu Budayawan Bogor Bambang Sumantri mengatakan, sebaiknya para tokoh budayawan yang ada di Bumi Tegar Beriman Jang ikutan-ikutan berpolitik praktis. Dikarenakan bila budaya itu sudah dijadikan alat untuk kepentingan politik praktis. Maka dapat menyebabkan perpecahan antar budayawan itu sendiri.

“Sehingga siyapapun nanti yang terpilih oleh masyarakat budayawan itu tetap memiliki konsep ideal dalam pengembangan budaya,” kata Ki Sumantri sapaan akrabnya saat ditemui bogorOnline.com di Cibinong.

Ki Sumantri menambahkan, selain itu bila budayawan sudah masuk dalam dunia politik masing-masing punya kekuatan-kekuatan yang nantinya akan berbenturan dibawah. Dan ketika budayawan ingin mengangkat nilai-nilai budaya serta tradisi bila sudah tercampur kepentingan sudah tidak murni lagi mengangkat budayanya. Sehingga alangkah baiknya budayawan itu posisinya netral.

“Itulah kenapa saya mengajak budayawan, jangan jadi alat politik praktis,” tambahnya.(rul)