Pasar Rakyat Tenjo, Kemang Dan Leuwisadeng Diresmikan

CIBINONG-
Dalam rangka menapaki ikhtiar mewujudkan Kabupaten Bogor termaju di Indonesia. Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian bekerjasama dengan PD Pasar Tohaga bertempat di pelataran parkir Pasar Rakyat Tenjo, Bupati Bogor resmi membuka operasional pasar baru yaitu Pasar Rakyat Tenjo, kemang dan Leuwisadeng.

Tiga pasar yang baru dibangun tersebut, merupakan langkah awal demi mewujudkan salah satu penciri Kabupaten termaju yaitu dengan membangun pasar Rakyat di tiap Kecamatan. Adapun jumlah tempat berdagang yang disediakan yaitu, 132 tempat berdagang di Pasar Kemang, 159 tempat berdagang di Pasar Tenjo, dan 81 tempat berdagang di Pasar Leuwisadeng
Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor juga secara simbolis meresmikan pengoperasionalan Pasar Ciluar yang sudah berjalan sangat baik di Kecamatan Sukaraja.

Bupati Bogor Nurhayanti berharap dengan adanya pasar baru di Tenjo, Kemang Leuwisadeng bisa menjawab kebutuhan warga setempat. “satu persatu di tiap kecamatan sudah memiliki pasar jika tidak ada halangan tahun depan akan dilanjut pembangunan Pasar di Kecamatan BBabakanMadang, tamansari dan Cijeruk. juga mengangkat status pasar desa menjadi pasar Kecamatan,”kata Bupati Bogor dalam sambutannya.

Direktur Utama PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, H Romli Eko Wahyudi mengatakan, bahwa benar pengelolaan ketiga pasar baru tersebut akan berada dibawah pengelolaan PD Pasar Tohaga Kabupaten Bogor. “ini merupakan tantangan baru bagi kami karena tiga pasar ini agak berbeda dengan pasar sebelumnya. Tiga pasar ini belum memiliki embrio pedagang sehingga mengharuskan kami melakukan seleksi di tahap awal apa dan bagaimana pedagang harus masuk, tentunya dengan bantuan Disperindag dengan melibatkan muspika dan desa setempat,”papar Romli Eko.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa pedagang yang akan menempati Pasar Rakyat Tenjo, Kemang dan Leuwisadeng tersebut akan dibekali pembinaan dan pembekalan agar aktifitas berdagang mereka berjalan baik sehingga berdampak baik pula untuk operasional pasar “Semua bertanggung jawab meramaikan pasar baru ini, tidak hanya pengelola, pedagangpuin harus memiliki semangat juang yang sama” tambahnya.

Selain memberikan pembekalan, program real yang disiapkan Tohaga untuk tiga pasar baru tersebut adalah dengan tetap mensosialisasikan undian umroh pedagang dan pembeli yang akan diundi akhir tahun 2018 dan program Bazar Ta’zil Ramadhan dan arena bermain anak yang sederhana “Cara ini diharapkan bias mendongkrak keramaian pasar, in sha Allah berdaya saing,” harap Eko.(rul)

Comments