RSUD Cibinong Kini Miliki Poliklinik Eksekutif Azalea

Cibinong – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Kabupaten Bogor, kini telah memiliki Poliklinik Eksekutif Azalea dengan mengandalkan pelayanan prima bagi pasien mandiri masyarakat ekonomi menengah keatas.

Direktur RSUD Cibinong Camelia Wilayat S mengatakan, bahwa Poliklinik Eksekutif Azalea ini merupakan sayap kegiatan bisnisnya. Karena menurutnya, masyarakat Kabupaten Bogor terutama warga Cibinong Raya tidak semuanya menengah ke bawah, melainkan banyak juga yang menegah ke atas.

“Ada kelompok masyarakat menengah ke atas yang perlu kita fasilitasi, yang selama ini mereka memilih ke swasta. Tarif swasta kan jauh lebih mahal, disini kami tetap memakai standar pemerintah,” kata Camelia Wilayat S usai peresmian Poliklinik Eksekutif Azalea, Rabu (09/05/2018).

Foto : Kepala Bidang Medik RSUD Cibinong Fusia Meidiawaty saat menunjukkan sejumlah ruangan di Poliklinik Eksekutif Azalea kepada Direktur RSUD Cibinong Camelia Wilayat S dan sejumlah dokter spesialis serta para petugas medis di rumah sakit tersebut. (adi)

Ia menambahkan, bahwa masyarakat menengah ke atas cenderung memilih pelayanan yang cepat, tidak pakai ngantri, tidak mau disatukan dengan pasien lain, karena merasa mampu bayar.

“Pasar itulah yang coba kita buka dan kita fasilitasi. Yang perlu saya tegaskan disini, bukan berarti masyarakat yang  tidak mampu ada perbedaan dalam pelayanan, semuanya pelayanan kita maksimalkan, hanya beda tempat saja,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Poliklinik Eksekutif Azalea yang baru diresmikan itu, tidak melayani pasien peserta BPJS. “Kedepan, kami coba bekerja sama dengan perusahaan asuransi swasta komersil, karena kebanyakan pasien mandiri memiliki asuransi, kan sayang kalau tidak digunakan. Untuk itu kami tidak menerima pasien BPJS, pasien BPJS tetap di reguler, dokter nya sama kok, tapi berbeda jam praktek nya saja,” jelasnya.

Untuk tarif sendiri, tidak jauh berbeda, karena diatur dalam Perbup dan Perda yakni Rp 135 ribu, sedangkan tarif kamar untuk rawat inap tidak ada dibedakan karena pada Perbup, baik di kelas I maupun VIP dan VVIP, karena pasien mandiri disini dibayar full.

Sedangkan jenis obat nya, kata mantan kepala Dinas Kesehatan ini, bisa sama dan bisa juga beda, tapi kebanyakan memakai obat non e-katalog. “Karena mereka ini mampu, lebih memilih obat yang non e-katalog atau yang biasa disebut obat paten,” katanya.

Meskipun telah memiliki gedung Poliklinik Eksekutif setahun yang lalu, ternyata, menurut Camelia, membuat Poliklinik Eksekutif Azalea tidak semudah dan sesederhana itu, karena harus burgening dengan dokter spesialis. Karena menurutnya, dokter spesialis diikat dengan aturan praktik.

“Mereka kan punya jam kerja di luar, kita perlu burgening dengan mereka. Kemudian sistem, pelayanan disini kan bukan cuma dokter dan perawat, tapi dari sisi pendaftaran medical record harus tertata dengan sistem IT,” ujarnya.

Dokter yang disediakan di Poliklinik Eksekutif Azalea RSUD Cibinong ini, sebanyak enam keilmuan. “Dokter nya bisa dua kali lipat, karena mereka bergantian,” tuturnya.

Kepala Bidang Medik RSUD Cibinong, Fusia Meidiawaty menambahkan, bahwa jenis pelayanan yang diberikan di Poliklinik Eksekutif Azalea ini antara lain adalah Klinik Kebidanan, Klinik Jantung, Klinik Syaraf, Klinik Kulit dan Kecantikan, Klinik Konservasi Gigi, dan Klinik Dokter Umum.

“Poliklinik Eksekutif Azalea yang dibuka mulai hari ini, sementara melayani pasien rawat jalan mulai pukul 09.00- 13:00 WIB, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menambahkan jam praktek dokter sampai malam hari,” ujarnya.

Sedangkan pelayanan Eksekutif yang ditawarkan berdasarkan Permenkes nomor 11 tahun 2016, adalah sistem pelayanan satu pintu atau one stop service, ruang pelayanan nyaman dan eksklusif, dapat memilih dokter sesuai keinginan, konsultasi Dokter dengan perjanjian, prioritas pelayanan farmasi, Laboratorium dan Radiologi serta waktu pelayanan lebih singkat.

“Pelayanan one stop service atau pelayanan prima yang kami lakukan, konsultasi Dokter dengan perjanjian pun dapat dilakukan disini,” tukasnya. (adi)

Comments