Seniman Mural Percantik Pagar Dinding Lapangan Sepak Bola Parungpanjang

PARUNGPANJANG – Pelukis handal Ridwan Manantik pimpin puluhan seniman Mural melukis sepanjang pagar dinding lapangan sepak bola Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang. Kegiatan yang sudah berlangsing tiga hari bertujuan untuk memasyaratkan seniman lukis.

Parungpanjang itu sendiri selain terkenal sebagai kampung seniman dan menghasilkan banyak karya film, seniman Parungpanjang juga mendirikan budaya melukis untuk memasyarakatkan seni lukis di Parungpanjang serta memfasilitasi mereka dengan memberi wadah dan ruang untuk berkarya. “Hari ini sudah hari ke tiga melukis pagar dinding seputaran lapangan sepak bola Parungpanjang,” ucap Tb Ule Sulaeman penulis film, kepada bogoronline.com, Selasa 01/05/2018.

Sementara itu Ridwan mengatakan, seni visual ruang publik merupakan seni yang mengajak publikĀ  berdialog dan berkomunikasi secara verbal. Pengkayaan bathin melalui gambar atau lukisan di tembok rumah, jalan, pabrik, dan taman – taman dan ruang publik lainnya.

Lelaki yang pernah melukis Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar juga menjelaskan, pekerja seni atau umumnya menyebut seniman memiliki kepekaan tersendiri. “Di ruang publik, tidak sedikit seniman bisa mengeksplor ruang publik menjadi ruang pamer dan dinikmati oleh siapapun dan dari kalangan manapun, seni yang bukan lagi milik si seniman tetapi seni menjadi milik masyarakat,” kata Ridwan.

Sambungnya menambahkan, kegiatan ini diharapkan mampu memberi pemahaman baru bagi masyarakat tentang karya seni. “Di sisi lain kegemaran anak – anak remaja yang menjadikan tembok dan ruang publik lainnya dicoret tanpa arah. Minimal dengan melukis di tembok kegiatan vandalisme menjadi terarah dan menambah indah ruang publik,” harapnya. (MUL)

Comments