Walahhhhhhhhhh Pemkab Bogor, Dapat WTP Lagi

bogorOnline.com-

Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bogor kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Jawa Barat, predikat WTP sukses mencetak hattrick, tiga tahun berturut turut bagi Pemerintah Kabupaten Bogor. Kepastian mendapatkan WTP diserahkan laporan hasil pemeriksaan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa kepada Bupati Bogor, Nurhayanti bertempat di Kantor BPK Provinsi Jawa Barat Jalan Moch. Toha No. 164 Bandung, pada Senin (28/5).

Menurut Nurhayanti menyusun laporan keuangan dengan opini WTP memang bukan hal yang sederhana, untuk hal tersebut diperlukan kompetensi SDM, kemampuan teknologi informasi dan yang terutama komitmen dari Pemerintah Daerah dan DPRD.

“terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor atas kerja kerasnya selama ini sehingga mendapatkan opini WTP, “katanya

Ia juga menegaskan permasalahan penyusunan laporan keuangan setiap tahun berbeda-beda, pada umumnya terjadi pada pengelolaan piutang, pengelolaan bantuan operasional sekolah, maupun pengelolaan aset daerah yang terus berkembang dan bertambah setiap tahun. Jika tidak disikapi secara serius maka laporan keuangan dengan opini WTP hanya merupakan wacana semata.

“pemeriksaan interim yang dilakukan oleh BPK perwakilan Propinsi Jawa Barat sebelum dilaksanakannya audit secara rinci sangat membantu kami untuk memperbaiki hal-hal yang mungkin menjadi kekurangan pada saat audit rinci. Dalam pemeriksaan yang telah dilakukan BPK perwakilan Provinsi Jawa Barat tentunya terdapat hal-hal yang menjadi temuan hasil pemeriksaan dan Pemerintah Daerah akan segera menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang diberikan dalam jangka waktu dari 60 hari sejaj LHP diterima sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku, “katanya.

Nurhayanti juga meminta kepada seluruh jajarannya perolehan WTP tidak membuat terlena. Justru harus lebih semangat dalam meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kita harus terus meningkatkan mendapatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengelolaan keuangan walaupun Pemerintah Kabupaten Bogor sudah mendapatkan opini WTP,” tambahnya.

Bupati Bogor pun mendedikasikan opini WTP tersebut kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Penghargaan ini khusus saya berikan untuk masyarakat Kabupaten Bogor,” tandasnya.(Diskominfo/rul)