Bima Arya ‘Comeback’ Jadi Walikota

Hari Pertama Kerja Disambut Hangat ASN dan Muspida, Langsung Aksi Sejak Dinihari

bogorOnline.com

Langkah Bima Arya Sugiarto menginjakan kakinya untuk pertama kali di Balaikota Bogor pasca cuti Pilkada, Minggu (24/6/2018) jam 00.01 WIB dinihari, disambut hangat para Aparatur Sipil Negara (ASN) beserta Muspida.

Memasuki gerbang Balaikota, barisan Satpol PP memberikan hormat sebagai tanda kesiapannya bertugas dibawah komando Walikota Bogor selaku Pembina mereka. Mengenakan topi dinas dan jaket bomber bertuliskan F1 didadanya, Bima Arya kemudian melanjutkan langkahnya ke lobby utama Gedung Balaikota.

Di tempat tersebut Bima disambut hangat oleh sejumlah ASN, mulai dari Sekretais Daerah Kota Bogor Ade Syarif Hidayat, para kepala dinas, para camat dan lain sebagainya. Terlihat pula Dandim 0606/Kota Bogor Letkol (Arm) Doddy Suhadiman berserta jajaran dan Wakapolresta Bogor Kota AKBP Rantau Isnur Eka berserta jajaran.

Dalam kesempatan itu pula Ade Syarif menggelar prosesi sederhana berupa penyerahan secara simbolis semua fasilitas Walikota Bogor berupa kendaraan dinas, rumah dinas, ajudan, sekretaris pribadi dan lainnya.

“Sesuai dengan keputusan Gubernur yang kami terima pada 12 Januari 2018 lalu, surat tersebut menyatakan bahwa sejak 15 Februari 2018 sampai dengan 23 Juni 2018, Pak Bima Arya Sugiarto selaku Walikota Bogor masuk masa cuti. Dan tanggal 24 Juni 2018, maka beliau harus masuk kembali sebagai Walikota Bogor,” ungkap Ade membuka percakapan, Minggu dinihari tadi.

Sekda yang mewakili ASN lainnya mengucapkan selamat datang kepada Bima Arya sebagai Walikota Bogor. “Kami merasa beliau (Bima Arya) cukup santun ketika berangkat meninggalkan Balaikota ketika itu. Kebetulan saya pribadi yang mengambil seluruh perangkat ke dinasannya baik ajudan, sekpri, kunci mobil dinas, rumah dinas. Alhamdulillah hari ini saya mencoba akan menyerahkan ulang seluruh fasilitas pak Bima Arya selaku Walikota Bogor,” katanya.

Ade Syarif berharap seluruh proses pembangun yang sudah baik di Kota Bogor bisa kembali berlangsung untuk melanjutkan sebuah mimpi membuat Kota Bogor menjadi kota jasa yang nyaman dan mewujudkan masyrakat yang madani.

“Seluruh fasilitas sudha bisa digunakan kembali oleh wallikota definitif. Mudah-mudhaan ini sebagai tanda bahwa kami selalu siap mendampingi untuk kepetingan serta keberlangsungan pemerintahan di Kota Bogor,” ujar Sekda, diiringi tepuk tangan para SKPD dan Muspida.

Di tempat yang sama, Bima Arya mengaku bangga bisa kembali menempati posisi sebagai Walikota Bogor setelah cuti Pilkada selama sekitar 4 bulan. “Saya mengucapkan terimakasih selama saya cuti, Pak Sekda beserta jajaran dengan sangat baik bersinergi dan berkolaborasi dengan Muspida untuk menjaga kondusifitas di Kota Bogor dan tentunya melakukan pelayan publik yang maksimal,” ungkap Bima Arya.

Ia menambahkan, dengan kembalinya duduk sebagai Wlaikota Bogor, Bima Arya akan menuntaskan pekerjaan berdasarkan amanat Unadang Undang dan sumpah jabatannya hingga 7 April 2019. “Mulai detik ini juga saya akan menunaikan tugas untuk melayani warga Kota Bogor. Pemerintahan tidak boleh ada kekosongan, harus ada pucuk pimpinan untuk melayani warga, berkoordinasi dengan semua unsur. Mulai malam ini saya kembali berdinas, untuk memastikan kondusidiftas dan ketertiban Kota Bogor tercinta,” jelasnya.

Bima Arya didampingi Sekda kemudian meninjau langsung ruang kerjanya. “Tidak ada yang beurbah. Semua terjaga dengan baik. Bahkan, tadi saya buka laci di meja kerja saya masih ada uang Rp2.000. Bayangkan, uang Rp2.000 saja aman di Balaikota,” katanya, lalu tersenyum.

Kemudian Bima Arya memimpin apel operasi cipta kondisi di Plaza Balaikota berserta unsur terkait, seperti Satpol PP, Dishub, TNI, Polri dan Park Ranger. Operasi difokuskan dengan meninjau kondisi Kota Bogor di malam hari di tengah masa tenang Pilkada. Kemudian Bima Arya dan jajaran mendatangi sejumlah lapak penjual minuman keras yang biasa di beli oleh para remaja.

Bima Arya bahkan menginstruksikan untuk mengangkut seluruh minuman berlakohol dan memerintahkan Satpol PP untuk memeriksa penjualnya. Operasi pun berkahir hingga jam 03.00 WIB dinihari.

Usai berisitirahat sejenak, di hari pertama kerja sebagai Walikota Bogor, Bima Arya kemudian menghandiri sejumlah agenda pada pagi hari, seperti rapat pembahasan Masjid Agung, meninjau Lapangan GOR Pajajaran yang akan dipakai oleh tempat latihan Asian Games 2018, hingga mengukuhkan kontingen Porda Jawa Barat XIII/2018 Kota Bogor. (Ist)