TRIPLE MIX SUMBANG EMAS PERTAMA PETANQUE KABUPATEN BOGOR

CIBINONG – Hari Pertama Pertandingan Cabang Olahraga Petanque PORDA XIII Jawa Barat, Kontingen Kabupaten Bogor langsung menyabet 1 medali emas. Emas didapat dari nomor pertandingan triple mix two man one women, dengan atlit bernama, Muhammad Ferdiansyah Sudrajat, Muhammad Atif dan Dea Mentari Andini. Kabupaten Bogor mengalahkan Kabupaten Tasik di Babak Final. Adapun posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Kota. Cimahi dan Kabupaten Purwakarta.

Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa mengapresiasi capaian yang diraih atlitnya. Emas pertama dari nomor triple mix ini, akan menjadi motivasi bagi atlit yang akan bertanding di hari selanjutnya. “Kita harus memberikan yang terbaik, semua hasil latihan berbulan-bulan ini harus kita maksimalkan untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Egi juga mengatakan, Kabupaten Bogor mengukir sejarah untuk perkembangan olahraga Petanque di masa depan. “Tentu ini menjadi kebanggaan bagi kita semua. Khususnya bagi Kabupaten Bogor, karena ini pertama kalinya Cabor Petanque dipertandingkan di PORDA Jabar,” ujarnya.
Egi berharap, sebagai tuan rumah, atlit Kabupaten Bogor bisa meraih banyak medali dan menjadi juara umum yang pertama cabor Petanque di level Jawa Barat. “Pelatih, atlit dan official sudah mempersiapkan secara matang untuk menghadapi Porda ini,” katanya.

Selain bangga karena menjadi tuan rumah pertama Petanque di level Jawa Barat, Egi juga membanggakan venue Petanque di komplek olahraga Pakansari Cibinong yang memenuhi standar nasional. Bahkan, kata dia, hanya tinggal beberapa sentuhan lagi venue tersebut memenuhi standar internasional. “Artinya ke depan kita bisa menyelenggarakan single event untuk tingkat nasional dan internasional di Pakanasari,” katanya.

Sekretaris FOPI Kabupaten Bogor, Muslih menambahkan, Kabupaten Bogor memiliki banyak bibit potensial yang bisa diasah menjadi atlit prestasi di cabor Petanque. Dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa, kata dia, sangat mudah mendapatkan atlit-atlit muda berbakat. “Kita sudah sosialisasikan olahraga ini hingga ketingkat SD di 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, ” katanya.

JADI PUSAT PETANQUE INDONESIA

Kabupaten Bogor dicanangkan menjadi pusat olahraga Petanque Nasional. Hal tersebut ditandai dengan diresmikannya venue Petanque di Komplek Olahraga Pakansari Cibinong, Minggu (7/10). Venue tersebut langsung digunakan untuk pertandingan Petanque pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PORDA) XIII Jawa Barat 2018.

Olahraga melempar bola besi tersebut, kini menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Jabar XIII yang digelar di Kabupaten Bogor, 6 hingga 12 Oktober 2018. ada 12 Kabupaten Kota memperebutkan 11 medali emas dari 11 nomor yang dipertandingkan.
Ketua FOPI Pusat, Caca mengaku bangga dengan kesiapan Kabupateb Bogor menyelenggakanbpertandingan Petanque di PORDA XIII Jabar. Menurut dia, Kabupaten Bogor menjadi daerah pertama di Jawa Barat sebagai penyelenggara Petanque di PORRDA. “Venue yang dibangun juga sudah bertara internasional,” katanya.

Ketua FOPI Jabar, Dedi Supriyadi mengatakan, perkembangan olahraga Petanque di Jawa Barat cukup menggembirakan. Ia bahkan mengatakan, Kabupaten Bogor punya peran cukup besar dalam mengangkat olahraga ini di Jawa Barat. “Kabupaten Bogor bisa menjadi pusat olahraga Petanque Nasional,” ujarnya, usai membuka pertandingan dan peresmian venue Petanque, di Komplek Olahraga Pakansari, Cibinong, Minggu (7/10).

Ketua KONI Kabupaten Bogor, Rusdi mengatakan, KONI berkomitmen penuh untuk mendukung semua csvbang olahraga di Kabupaten Bogor, termasuk di antaranya olahraga Petanque. Menurut Rusdi, venue yang dibangun di Komplek Olahraga Pakansari, akan terus dikembangkan sehingga memenuhi standar internasional. (*)