Aksesori Rumah Dari Eceng Gondok

Nasional810 views

bogorOnline.com
Dikutip dari salah satu media online nasional, salah satu upaya melestarikan alam adalah mengolah limbah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan fungsi. Contohnya adalah memanfaatkan eceng gondok (Eichhornia crassipes) yang merupakan salah satu jenis tumbuhan air mengapung.

Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang cukup tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Tanaman yang tumbuh di kolam-kolam dangkal, tanah basah, dan rawa ini ternyata batangnya dapat didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi.

Pada proses daur ulang mengolah eceng gondok dengan mencucinya agar bersih sekaligus menghilangkan bau tidak sedap. Setelah kotorannya hilang, tahap berikutnya adalah pemilahan antara daun dan batangnya. Hal ini dilakukan untuk mengklasifikasikan yang akan digunakan sesuai dengan produk yang akan dibuat. Setelah dipilah, eceng gondok ini dikeringkan sampai benar-benar hilang kadar airnya, dengan cara dijemur selama kurang lebih enam hari. Setelah itu, disortir berdasarkan warna dan ukurannya.

Langkah berikutnya adalah perendaman di dalam H₂O₂ (Hydrogen Peroxide) selama kurang lebih enam jam. Hal ini bertujuan untuk membersihkan flek-flek dan jamur yang menempel, kemudian eceng gondok dijemur kembali sampai kering selama kurang lebih selama tiga hari.

Setelah kering, terutama pada bagian batangnya, kemudian dianyam sesuai dengan kebutuhan dan desainnya. Setelah produk sudah terbentuk, selanjutnya diberi warna dan proses terakhir adalah finishing. Biasanya, warna yang dipakai adalah dari bahan kimiawi. Hal tersebut agar lebih tahan lama sedangkan prosesfinishingnya adalah dengan diberi melamin agar lebih kuat dan tahan lama.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *