Kota Bogor Ikutan, Kantong Plastik Berbayar

Kota Bogor – bogoronline.com

Pemerintah Kota Bogor mengimbau retail-retail yang ada di Kota Bogor untuk melakukan Gerakan Mengurangi Sampah Plastik dan Pemakaian Kantong Plastik atau kresek. Langkah ini diambil berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan menindaklanjuti hasil sosialisasi penerapan kebijakan kantong plastik berbayar.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, Kota Bogor salah satu kota diantara daerah lainnya yang setuju dengan program pemerintah dalam mengurangi kantong plastik. Selain itu, Bima juga menginstruksikan agar di Balaikota tidak ada lagi botol kemasan air mineral, jadi PNS harus membawa botol air minuman sendiri, selain awet juga untuk mengurangi sampah pelastik tentunya.

 

“Kota Bogor salah satu kota diantaranya kota lainnya yang mendukung program pengurangan kantong plastik dan setuju plastik berbayar. Kita juga minta PNS di Pemkot Bogor mengurangi plastik air kemasan,” katanya usai melakukan penijauan ke Alfamart dan Superindo, Pada Minggu (21/2/16). Adanya intruksi itu sebagai salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah plastik di Kota Bogor. Gerakan ini akan disebar ke warga masyarakat mulai dari pelajar SMP dan SMA melalui ibu-ibu PKK.

“Jadi semuanya harus mendukung, dan kita akan lakukan dari mulai hulu sampai hilir pengurangan sampah plastik ini,” jelas Bima.

 

Sementara itu, sebagai anggota Aprindo, Alfamart sangat mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.  Komitmen dukungan tersebut akan diterapkan di semua retail Alfamart dan Alfa Midi di Kota Bogor dengan menerapkan kantong plastik berbayar Rp 200 kantong.

“Kami himbau kepada para konsumen Alfa Mart atau Alfa Midi untuk bisa membawa kantong belanja sendiri dari rumah,” ujar Branch Manager Alfa Midi, Jamalludin yang didampingi Regional Coorporate Manager Alfa mart, Budi santoso, usai menerima kunjungan Walikota dikawasan Bondongan.

 

Selama tiga bulan, pihaknya melakukan sosialisasi ke para konsumen yang beberlanja di dua retail tersebut. Di kota Bogor sendiri tercata da sekitar 30an retail dengan brand Alfa Mart dan Alfa Midi.

“Kasir kami yang ada di setiap toko akan menyampaikan program kantong berbayar. Setelah tiga  bulan, kami bisa terapkan kebijakan kantong berbayar Rp200 perkantong,” jelasnya.

 

“Kami  juga akan sediakan tas belanja berupa kantong belanja go green yang ramah lingkungan. Karena sifatnya masih sosialisasi,  kami sampaikan ke ke konsumen untuk membawa kantong sendiri dari rumah,” tambahnya Uang yang terkumpul dari kantong berbayar tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai program sosial. “Kami akan kerjasama kembali dengan pemerintah setempat yang mendukung  program sosial dan lingkungan,” pungkasnya.(bunai)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *